Posted April 18, 2012 by admin in Berita

Tim ITB Berhasil Juarai Lomba Pemrograman Ladder PLC

 

Selasa, 17 – April – 2012, 17:58:34 | edo


BANDUNG, itb.ac.id – Program Studi Teknik Fisika ITB kembali mengadakan lomba pemrograman ladder Programmable Logic Controller (PLC). Lomba yang berskala nasional ini diadakan pada hari Selasa hingga Kamis (10-12/04/12) bertempat di Aula Timur ITB.

Lomba ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan daya saing mahasiswa di bidang PLC. Dengan tema “Pemantapan Kompetensi Sumber Daya Manusia di Bidang PLC”, lomba tersebut berhasil menarik antusias para mahasiswa. Hal itu dapat dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 118 tim perwakilan dari 54 perguruan tinggi di Indonesia. ITB sendiri mengirimkan 18 tim untuk mengikuti kompetisi kali ini.

Lomba kali ini terdiri dari dua tahap, yaitu babak penyisihan dan babak final. “Pada babak penyisihan peserta akan dibagi menjadi 22 grup, dan dari tiap grup, diambil 2 tim terbaik untuk maju ke babak final,” ujar Ir. Endra Joelianto, Ph.D. selaku ketua acara kali ini. Dari 18 tim ITB yang mengikuti kompetisi kali ini, terdapat 5 tim yang lolos menuju babak final.”Pada babak final akan terpilih 10 tim terbaik yang akan menjadi pemenang,” tambah Endra kemudian.

Tim juri pada perlombaan kali ini terdiri dari perwakilan dari perwakilan vendor, akademisi serta perwakilan dari industri. Menurut Endra, dalam proses penilaian, tim juri tidak mengetahui tim mana yang sedang dinilai. Mereka hanya diberikan selembar kertas berisi nomor urut tim tanpa mengetahui asal tim tersebut.

ITB Raih Juara Pertama

Salah satu tim dari ITB keluar sebagai juara pertama pada kompetisi ini. Tim yang beranggotakan M. Riandhy Anindika (Teknik Fisika 2009) dan Syarif Hidayatullah (Teknik Fisika 2009) berhasil menyisihkan tim unggulan perwakilan dari berbagai universitas dan menjuarai perlombaan kali ini.

“Saya sama sekali tidak menyangka bisa memenangkan pertandingan kali ini,” ujar Riandhy. “Kita baru mempelajari PLC dalam waktu 2 bulan, dan ini adalah kompetisi pertama kita,” tambahnya kemudian.

Selain Riandhy dan Syarif, terdapat pula dua tim lain perwakilan ITB yang menjadi pemenang dalam perlombaan kali ini. Tim yang beranggotakan Vernida Mufidah (Teknik Fisika 2009) dan Triannisa Julia (Teknik Fisika 2009) berhasil meraih juara Harapan III. Kemudian tim yang beranggotakan Anantha Adhi Wardana (Teknik Fisika 2009) dan Ridwan Nugraha (Teknik Fisika 2009) mendapatkan perdikat Pemrogaman Kreatif I pada kompetisi ini.

Pemenang lain dari Lomba Pemrograman Ladder PLC ini adalah Tim dari Politeknik ATMI Surakarta mendapatkan juara II dan tim dari IKIP PGRI Madiun mendapatkan juara III. Selain itu terdapat pula predikat tim terbaik yang dimenangkan oleh tim dari Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)

Sumber: http://www.itb.ac.id/news/3577.xhtml

Share this