Posted June 5, 2012 by admin in Berita

KAIST-ITB Joint Workshop 2012

Fakultas Teknik Mesin & Dirgantara (FTMD) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) bekerjasama dengan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), telah menyelenggarakan Workshop on Research and Education in Engineering yang ke 7. Acara berlangsung di ruang seminar  Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD-ITB) labtek 2 lantai 2 ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh KAIST dan ITB sejak 6 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2006.

Acara dimulai dengan sambutan Dr. Hermawan K Dipojono (dekan FTI-ITB), kemudian dilanjutkan presentasi Dr. Hari Muhammad (Wakil Dekan bidang Akademik FTMD-ITB), Selanjutnya presentasi dari pihak KAIST diantaranya : Prof. Bong Jae Lee (Mechanical KAIST), Prof. Hyochoong Bang (Aero SPace KAIST dan KAIST Admission Process) dan terakhir presentasi Prof. Soonhung Han (OE KAIST). Acara presentasi berakhir sekita pukul 12:00 WIB, dan dilanjutkan dengan photo session.

Acara dimulai kembali pada pukul 13:00 WIB. Dalam acara kali ini, peserta dibagi kedalam 3 group sesuai minat dan keahlian. Group A  yang berada diruangan Meeting B membahas mengenai Dynamics, Vibration, Acoustics, Control and Signal. Sekitar 20 Mahasiswa yang hadir di ruangan ini.  selain mahasiswa, ada juga beberapa dosen yang hadir diruangan ini seperti Ir.Ignatius Pulung Nurprasetio dan Dr. Zainal Abidin.

Sedangkan Group B berada di ruangan Meeting A membahas mengenai OSE, Materials, Structures, Optimization and Nano System, Ada sekitar 15 Mahasiswa yang hadir diruang Meeting A, sedangkan dosennya terdiri dari Dr Rachman Setiawan dan Ibu Mardiyati.

selanjutnya adalah Group C yang berada diruangan Seminar, Group C membahas mengenai Thermo-Fluids System, Energy and Aerospace Eng. Ada sekitar 10 mahasiswa yang hadir diruangan ini dan beberapa dosen FTMD, diantarnya : Dr Hari Muhammad,  Dr. Taufiq Mulyanto, Ema Amalia, Djoko Sardjadi, dan Dr. Iman Kartolaksono Reksowardojo.

Adapun delegasi dari KAIST yang membawakan presentasi pada workshop ini diantaranya :

1.  Prof. Chong-Won Lee (Center for Noise and Vibration Control)
2.  Prof. Soohyun Kim (Mechatronics, Systems and Control Lab.)
3.  Prof. Youn-sik Park (Structural Dynamics and Applied Control Lab.)
4.  Prof. Soonhung Han (iCAD LAB.)
5.  Prof. Seung S. Lee (Micro Mechanical System Technology Lab.)
6.  Prof. Taek-Soo Kim (Advanced Packaging and Thin Film Lab.)
7.  Prof. Bong Jae Lee (Nanoscale Heat Transfer Laboratory)
8.  Prof. Hyochoong Bang (Aerospace Systems and Control Lab.) (ASCL)
9.  Prof. Seung-O Park (Aerodynamics Lab.)
10. Prof. Sang Soo Kim (Aerosol and Particle Technology Lab.)
11. Prof. Sang Yong Lee (Multiphase Flow Lab.)

Menurut salah dosen FTMD-ITB, “Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), merupakan salah satu institut terbaik di dunia dalam bidang pendidikan (education) dan penelitian (research), tak heran mahasiswa – mahasiswa juga menginginkan kuliah disana.”

Tahun depan rencananya Joint Workshop ini akan diselenggarakan di Korea, pada sekitar bulan Juni 2013.

 

Share this