Posted June 7, 2012 by admin in Berita

Hermawan K. Dipojono, Guru Besar dalam bidang ilmu Rancang Bangun Material Komputasional

Hermawan Kresno Dipojono, pria asal Jember, kelahiran Yogyakarta, 7 Februari 1956 ini, berasal dari keluarga guru, ibu dan ayahnya sebagai guru di Sekolah Rakyat Demakijo, Yogyakarta. Sambil menjadi guru, ayahnya menyempatkan kuliah di Universitas Gajah Mada. Setelah mendapat gelar sarjana, ayahnya pindah ke Jember. Dan di Kota Jember-lah, Hermawan Kresno Dipojono memulai pendidikan dasarnya hingga sekolah menangah atas.

Lulus dari SMA, beliau melanjutkan pendidikan Sarjananya pada Jurusan Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung. Setelah mendapatkan gelar insinyur, beliau melanjutkan pendidikan masternya pada jurusan Teknik Elektro Universitas Hawaii, Honolulu. Dan mendapatkan gelar Doktor pada jurusan Teknik Elektro di Ohio State University, Columbus, Ohio.

Tahun 2012 ini beliau berhasil mendapatkan gelar Guru Besar dalam bidang ilmu/keahlian Rancang Bangun Material Komputasional dan Simulasi Dinamika Molekul, sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 28818/A4.3/KP/2012 dan nomor 28817/A4.3/KP/2012 tertanggal 2 April 2012 tentang penetapan angka kredit dan jabatan fungsional Guru Besar atas nama Ir. Hermawan Kresno Dipojono, MSEE., Ph.D.

Sampai saat ini beliau masih aktif sebagai dosen Fakultas Teknologi Industri ITB dan tergabung pada kelompok keilmuan Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri ITB. Selain aktif sebagai dosen, beliau juga saat ini menjabat sabagai Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB.

Share this