Posted October 22, 2012 by admin in Berita

Pidato Guru Besar Prof. Hermawan K. Dipojono

Majelis Guru Besar Institut Teknologi Bandung [MGB-ITB], Sabtu 13 Oktober 2012 telah menyelenggarakan acara Pidato Ilmiah Guru Besar ITB, bertempat di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah [BPI] ITB,  Jln. Surapati No. 1 – 3 Bandung, mulai pukul 10:00 – 12:00 WIB. Pada acara ini yang berkesempatan menyampaikan pidato ilmiah, salah satunya adalah Prof.Ir. Hermawan K. Dipojono, MSEE., Ph.D., dari Fakultas Teknologi Industri ITB.

Prof.Ir. Hermawan K. Dipojono, MSEE., Ph.D., menyampaikan pidato ilmiahnya pada sesi pertama dengan judul “Sumbangan Rancang Bangun Material Komputasional dalam Mempercepat Penemuan Material Fungsional Baru” dihadapan para anggota MGB-ITB, para staf pengajar ITB, serta tamu undangan lainnya.  Acara dibuka oleh Ketua Majelis Guru Besar Prof. Harijono A. Tjokronegoro, dengan membacakan Currikulum Vitae pembicara.

Dalam pidatonya,  Prof.Ir. Hermawan K. Dipojono, MSEE., Ph.D. menyampaikan bahwa pada umumnya kegiatan rancang bangun ini dimulai dengan membangun suatu model matematis energy total dari system. Model energy yang banyak digunakan pada saat ini sangatlah bervariasi, dari yang amat sederhana, berbasis mekanika klasik hingga yang amat rumit berbasis mekanika kuantum karena melibatkan elektron. Kegiatan memdesain material fungsional baru komputasional amat memerlukan kemampuan dan kapasitas komputasi yang sangat masif.

Di akhir pidato ilmiahnya, Prof.Ir. Hermawan K. Dipojono, MSEE., Ph.D.  menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah berjasa baik dalam karir maupun pendidikannnya, guru, dosen, saudara-saudara, orang tua serta keluarga tercinta atas bimbingan, dukungan, dorongan semangat, serta pengertiannya dalam berbagi waktunya.

Share this