Posted December 10, 2012 by admin in Berita

Penghargaan Unilever utuk Project Sosial Kolaborasi ITB & Unpar di Cilincing

Pada hari Kamis, 29 November 2012 lalu, tim Rokus yang terdiri dari William Lautama (Teknik Industri 2008), Vincent (Akuntansi Unpar 2008), Verry Anggara (Fisika 2009), dan Hendydy Kwik (Teknik Sipil 2010) yang tergabung dalam tim Rokus mendapatkan penghargaan ‘Best Economic Impact’ dari Unilever Indonesia untuk project sosial yang mereka lakukan di Cilincing.

Mereka mengikuti lomba Unilever Leadership Actions on Sustainability (ULAS) dan bekerja sama dengan Koperasi Kasih Indonesia (KKI). ULAS adalah program yang diinisiasi oleh Unilever Indonesia dan FEUI yang mendukung pemuda melakukan aksi nyata berbasis sustainability dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat. KKI adalah sebuah lembaga microfinance yang memberikan pinjaman, edukasi, dan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Cilincing.

Tim Rokus prihatin dengan isu kemiskinan dan mereka melakukan perubahan di Cilincing, sebuah daerah di Jakarta Utara dengan tingkat kemiskinan mencapai ±19.000 keluarga (30% penduduk miskin di Jakarta Utara). Definisi miskin adalah hidup dengan pendapatan kurang dari $2 per hari atau sekitar Rp 19.000 saat tulisan ini dibuat (sumber : World Bank).

Program mereka bernama “Rokus : Roti kukus” yang menggunakan konsep waralaba/franchise. Mereka melakukan inovasi bisnis model franchise yang umumnya berorientasi profit menjadi sosial. Tim Rokus menyediakan fasilitas (gerobak, peralatan, bahan) dan edukasi (dasar akuntansi dan manajemen) dengan dukungan dana dari Unilever untuk masyarakat yang kurang mampu agar mereka dapat menjalankan bisnis roti kukus dan bertujuan mendapatkan penghasilan lebih, mencapai kesejahteraan, dan kehidupan yang lebih baik. Sebagian besar keuntungan dari penjualan akan digunakan untuk mitra dan sebagian kecil disimpan untuk menyediakan fasilitas lain bagi mereka yang membutuhkan sebanyak mungkin sebagai konsep Sustainability, sehingga rokus dapat membanu kehidupan mitra saat ini dan calon mitra di masa depan.

Catatan untuk kedua link di atas

Video    http://www.youtube.com/watch?v=ixCVgTHoElY

Cerita    http://williamlautama.com/?p=520

Share this