Posted March 28, 2013 by admin in Berita

Kunjungan Industri ke P.T. Gajah Tunggal Tbk.

Rabu, 27 Maret 2013, beberapa perwakilan dosen dari Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung, melakukan kunjugan industri ke Pabrik P.T. Gajah Tunggal Tbk., yang berada di Jl. Jend Gatot Subroto Km 7 Kompl Gajah Tunggal, Pasir Jaya, Jatiuwung, Kota Tangerang.

Rombongan yang berjumlah 11 orang ini, berangkat dari ITB pukul 06.30 WIB dan tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Rombongan langsung diterima oleh Pimpinan dan staf dari P.T. Gajah Tunggal, diantaranya Bapak Joseph Landri selaku HOD – General Administration, P.T. Gajah Tunggal.

Acara pertemuan yang diawali dengan ramah tamah ini dilanjutkan dengan presentasi dari pihak P.T. Gajah Tunggal. Acara presentasi dilanjutkan kembali setelah makan siang bersama. Setelah presentasi selesai, acara selanjutnya adalah keliling pabrik. Di sini kita bisa melihat secara langsung bagaimana cara pembuatan ban, dari awal sampai akhir atau siap pakai.

Adapun maksud dan tujuan dari kunjungan dosen-dosen FTI ke Pabrik P.T. Gajah Tunggal Tbk., adalah untuk menjajaki kemungkinan adanya kerjasama antara FTI dengan P.T. Gajah Tunggak Tbk., seperti kerjasama penelitian, akademik, ataupun workshop-workshop yang ada kaitannya dengan perindustrian.

Sekilas info mengenai P.T. Gajah Tunggal Tbk., Didirikan pada tahun 1951, PT. Gajah Tunggal Tbk. memulai produksi bannya dengan ban sepeda. Sejak itu Perusahaan bertumbuh menjadi produsen ban terpadu terbesar di Asia Tenggara. Perusahaan memperluasan produksi dengan membuat variasi produk melalui produksi ban sepeda motor tahun 1971, diikuti oleh ban bias untuk mobil penumpang dan komersial di tahun 1981. Awal tahun 90an, perusahaan mulai memproduksi ban radial untuk mobil berpenumpang dan truk. Pada bulan Mei 2004, Gajah Tunggal dan Michelin menandatangani perjanjian kerja sama yang dipusatkan pada produksi ban untuk mobil penumpang untuk pasar yang dilayani oleh Michelin di luar Indonesia dan kegiatan distribusi di Indonesia.

Share this