Posted April 22, 2013 by admin in Berita

Nathan Harjanto dkk., mewakili Indonesia pada Program CERN Summer Studentship 2013

Untuk pertama kalinya, mahasiswa Indonesia berhasil diterima untuk mengikuti program CERN Summer Studentship dimana jumlah mahasiswa yang mewakili Indonesia sebanyak 3 orang. Ketiga orang tersebut adalah Nathaniel Chandra Harjanto (Teknik Fisika ITB 2010), Imre Nagi (Teknik Elektro 2010), dan Muhammad Firmansyah Kasim (Teknik Elektro 2009).

Penerimaan ini menjadi bagian dari rangkaian besar upaya Indonesia untuk terlibat dalam pengembangan riset global dan merupakan tindak lanjut dari kerjasama CERN dengan Menristek, Dikti, Diknas, dan LIPI pada tahun 2011 lalu.

Program ini terdiri dari komponen kuliah + kerja praktik/lapangan di bawah bimbingan peneliti di CERN. Setiap mahasiswa akan mendapat tugas/proyek yang unik, terkait langsung dengan kegiatan penelitian terdepan dalam bidang fisika maupun sains terapan/rekayasa. Kuliah memperkenalkan mahasiswa ke kegiatan penelitian fisika dan sains terapan/rekayasa di CERN. Di akhir program, mahasiswa akan diminta untuk memberikan presentasi lisan dan/atau poster, dan menuliskan laporan kerja praktik. Selama program ini akan ada banyak kesempatan untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan profesor dan ilmuwan di CERN.

Nathan, juga berhasil menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi salah satu penerima beasiswa pendanaan dari CERN selama CSSP (CERN Summer Studentship Program) dimana hanya ada 30 penerima beasiswa yang diperebutkan oleh 800 pelamar dari seluruh dunia.

Share this