Posted April 29, 2013 by admin in Berita

Pidato Ilmiah Guru Besar, Prof. Drajad Irianto

Majelis Guru Besar Institut Teknologi Bandung [MGB-ITB], Jumat26 April 2013 telah menyelenggarakan acara Pidato Ilmiah Guru Besar ITB, bertempat di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah [BPI] ITB, Jln. Surapati No. 1 – 3 Bandung, mulaipukul 13:00 – 16:00 WIB. Pada acara ini yang berkesempatan menyampaikan pidato ilmiah, salah satunya adalah Prof. Drajad Irianto, dari Fakultas Teknologi Industri ITB.

Prof. Drajad Irianto, menyampaikan pidato ilmiahnya pada sesi kedua dengan judul “Quality Engineering: Sebuah Kata Kunci dalam Pembangunan Industri” dihadapan para anggota MGB-ITB, para staf pengajar ITB, serta tamu undangan lainnya. Terlihat Dekan FTI ITB, Prof. Hermawan K. Dipojono, Wakil Dekan Bidang Akademik FTI ITB, Prof. Bermawi P. Iskandar, serta dosen – dosen dari FTI ITB hadir pada acara tersebut. Acara dibuka oleh Ketua Majelis Guru Besar Prof. Harijono A. Tjokronegoro, dengan membacakan Currikulum Vitae pembicara.

Dalam pidatonya, Prof. Drajad Irianto menyampaikan bahwa banyak hal tentang teknik dan metoda quality engineering yang belum dapat di implementasikan dengan baik di industri di Indonesia. Ada 2 hal yang diduga menjadi penyebab hal ini, yaitu (i) sebagian industri di Indonesia masih menjadi “operator” produksi bagi indsutri lain di luar negeri sehingga tidak dapat memberikan kesempatan yang cukup bagi implementasi quality engineering, dan (ii) masih terbatasnya pemahaman ilmu dasar pada para pelaku industri secara memadai termasuk statistika industry dan operations research.

Di akhir pidato ilmiahnya, Prof. Drajad Irianto menyampaikan ucapan terimakasih kepada orang-orang yang telah berjasa baik dalam karir maupun pendidikannnya, guru, dosen, saudara-saudara, orang tua serta keluarga tercinta atas bimbingan, dukungan, dorongan semangat, serta pengertiannya dalam berbagi waktunya.

Share this