Posted May 13, 2013 by admin in Berita

Mahasiswi Teknik Kimia Terpilih Menjadi Mahasiswa Berprestasi ITB 2013

BANDUNG, itb.ac.id – Sabtu (04/05/13) bertempat di Auditorium CC Timur, keduabelas mahasiswa berprestasi tingkat fakultas bersaing untuk merebutkan titel Mahasiswa Berpestasi ITB 2013. Ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi ITB yang disebut juga Ganesha Prize adalah ajang pemilihan representasi ITB dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional. Dengan bekal karya tulis yang telah disiapkan, Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas harus berunjuk gigi untuk memaparkan gagasannya dalam presentasi Bahasa Inggris kepada dewan juri.

Riuh tepuk tangan penonton bergelora di ruang Auditorium CC Timur seraya¬† satu persatu Mapres Fakultas menyelesaikan presentasinya. Orangtua, teman, dan massa himpunan memadati ruangan tersebut untuk mendukung wakil fakultasnya dalam perebutan Ganesha Prize 2013. “Ayo, semangat!! Kamu pasti bisa!” ujar salah seorang mahasiswa kepada temannya yang mendapat giliran presentasi. Mekanisme pemilihan Mapres ITB ini adalah setiap calon diberikan waktu sekitar 20menit untuk presentasi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan juri.

Dewan juri terdiri dari 5 orang dosen, diantaranya Dr. Ir. Tri Desmana Rachmilda dan Dr. Eng. Sandro Mihradi. Pertanyaan yang diajukan dewan juri adalah seputar gagasan yang dibawa oleh tiap calon. Mulai dari sisi ekonomis hingga dampak lingkungan dari gagasan yang diajukan, semuanya diserang oleh para dewan juri.

Setalah proses presentasi selama kurang lebih 7 jam, keduabelas calon dipersilahkan menunggu sembari dewan juri berdiskusi. Selang waktu 45 menit, Tri Desmana keluar dari ruang diskusi dengan membawa hasil pengumuman Mapres ITB 2013. Untuk menambah ketegangan suasana, keduabelas calon dipersilahkan maju ke depan. Pembacaan pemenang dimulai dengan juara ketiga Mapres ITB kemudian diakhiri oleh Juara I Mapres ITB atau pemenang Ganesha Prize. “Marsha Faradina dari Fakultas Teknologi Industri!” ucap Tri saat mengumumkan pemenang dengan semangat. Marsha Faradina dinobatkan menjadi Juara I Mapres ITB 2013 dan berhak mewakili ITB di tingkat Nasional. Selain Marsha, Tubagus Andhika Nugraha (Teknik Informatika ’10) dan Meutia Arinta (Teknik Lingkungan ’09) juga dinobatkan menjadi Juara II dan Juara III Mapres ITB 2013.

Gagasan yang dibawa oleh Marsha adalah tentang pembangunan daerah tertinggal. Ide yang ia kembangkan adalah integrasi antara KKN tematik dan Desa Mitra ITB. Mahasiswi jurusan Teknik Kimia ini sedang berada pada tahun terakhirnya di ITB, tentunya telah banyak pengalaman yang ia dapat selama menempuh pendidikan di ITB. Berbagai prestasi dan pengalaman organisasi di dalam dan luar negeri telah banyak ia peroleh. Kini, ia akan beradu dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang meiliki prestasi yang tak kalah memukau. Selamat dan sukses, semoga Marsha dapat mengharumkan nama ITB di ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional.

Sumber: ITB

Share this