Posted June 5, 2013 by admin in Berita

Asia Computational Materials Design and Quantum Engineering 2013

Selasa 28 Mei 2013 bertempat di gedung T.P Rachmat lantai 4, Kelompok Keilmuan Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung mengadakan acara workshop bertemakan “Asia Computational Materials Design and Quantum Engineering 2013”, Event ini berlangsung tiga hari 28 Mei hingga 30 Mei 2013. Dalam kegiatan ini FTI ITB bekerjasama dengan para ahli dari Osaka University, Jepang.

Acara dimulai dengan sambutan dari ketua Kelompok Keilmuan Teknik Fisika Dr. Edi Leksono, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan tentang Computational Materials Design (CMD) oleh Dekan FTI Prof. Hermawan K. Dipojono, Ph.D., dalam sesi ini beliau menjelaskan tentang dasar-dasar, fungsi, manfaat serta implementasi tentang CMD dan Quantum Engineering dalam kehidupan masyarakat saat ini. “Salah satu komponen pesawat terbang yaitu Black Box adalah hasil dari teknik keilmuan tersebut yang saat ini terus dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan di dunia” kata pak Dekan. Beliau juga berharap peserta dapat melakukan tanya jawab langsung dengan para profesor yang membuat aplikasi&software tentang CMD Quantum Engineering yang hasil risetnya sudah digunakan oleh industri otomotif di Jepang. Semua aplikasi hasil riset profesor Osaka University menggunakan sistem open source sehingga dapat digunakan secara gratis.

Hari pertama workshop di isi oleh Prof. Hizasumi Akai yang menjelaskan tentang Machikaneyama serta penggunaanya kemudian di akhiri dengan studi kasus pertama oleh Prof. Hirosi Katayama Yoshida.

Di hari kedua,peserta diperkenalkan dengan HILAPW oleh Prof. Tamio Oguchi dan Naniwa oleh Dr. Hiroshi Nakanishi masing-masing lengkap dengan penjelasan beserta penggunaan aplikasi tersebut.

Hari terakhir workshop diisi dengan studi kasus kedua oleh Dr. Mohammad Kemal Agusta dan studi kasus ketiga oleh Dr. Melanie Yadao David. Peserta mendapatkan sertifikat workshop di akhir acara dan foto session dengan para ahli dari Osaka University.

Share this