Posted July 9, 2013 by admin in Berita

Workshop Sistem Pembelajaran Mahasiswa melalui Pendekatan Kerjasama Interdisiplin

Kamis 4 Juli 2013 bertempat di ruang gallery prodi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB mengadakan workshop dengan tema “Sistem Pembelajaran Mahasiswa melalui Pendekatan Kerjasama Interdisiplin” yang dihadiri para dosen di lingkungan FTI. Acara diawali dengan sambutan dari Dekan FTI Prof.Dr. Hermawan K. Dipojono, dalam sambutannya beliau menjelaskan tentang program mata kuliah terbaru dalam kurikulum akademik yaitu System Thinking. Beliau meyakini program terbaru ini akan menjadi investasi jangka panjang yang akan memberikan bekal bagi alumni ITB sehingga sanggup berkompetisi masyarakat dengan kemampuan berinteraksi yang baik.

Dekan FTI juga berharap agar dalam pelaksanaan program ini dapat di dokumentasikan untuk dikaji dan kemudian dipresentasikan di dalam Rapat Pimpinan ITB, sesuai anjuran Rektor ITB Prof.Dr. Ahkmaloka sehingga apabila dianggap berhasil akan diikuti seluruh fakultas di ITB apa yang telah dilakukan Fakultas Teknologi Industri.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengantar System Thinking pada proses rekayasa design oleh Wakil Dekan bidang akademik Prof. Bermawi P. Iskandar yang menjelaskan pentingnya interaksi antar elemen di dalam sebuah sistem untuk mencapai tujuan tertentu.

Di hari kedua workshop, diisi dengan pembahasan tentang Student Center Learning oleh Dr. Dianika Lestari. Dalam sesi ini juga dilakukan diskusi materi kuliah serta cara-cara implementasi Student Center Learning dalam perkuliahan.Acara ditutup dengan kesimpulan dan hasil workshop yang disampaikan oleh Ketua panitia Dr. Ardiyan Harimawan, serta foto bersama peserta workshop di akhir acara.

Share this