Posted July 9, 2013 by admin in Berita

FTI berpartisipasi dalam R&D Expo Pertamina 2013

Selasa 11 Juni 2013, bertempat di Ground Floor Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina diadakan Research and Development (R&D) Expo 2013. Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk mengetahui sejauhmana langkah yang telah ditempuh R&D Pertamina dalam rangka menuju R&D berkelas dunia.

Dalam kesempatan ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapatkan kehormatan sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang diundang dalam pameran R&D Expo 2013. Para peneliti  dari Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis ITB menampilkan katalis Ni-Mo/AI2 O3 Hidroteating Nafta (NHDT). Zat katalis adalah zat yang dapat mempercepat reaksi kimia untuk melepaskan zat sulfur di dalam minyak bumi. Penelitian antara Pertamina dan ITB sudah berlangsung sejak tahun 2004 telah menghasilkan katalis NHDT yang telah teruji dapat mempecepat reaksi kimia dari fraksi-fraksi zat kimia yang dapat menghasilkan bilangan oktan tinggi sehingga minyak bumi mempunyai kualitas tinggi. Adanya inovasi katalis NHDT ini dapat menghasilkan minyak bumi dengan harga jual produk yang mencapai US $ 115 per barrel.

Hingga kini katalis sebanyak 3,6 ton perhari, kemudian diproduksi secara massal di pabrik Kujang United Catalyst, Cikampek serta Pertamina RU II Dumai, Riau. Resep dari Katalis ini dibuat oleh para peneliti Pertamina bekerja sama dengan peneliti Teknik Kimia ITB, yang dipimpin oleh Dr Subagyo.

Dalam acara R&D Expo 2013 yang berlangsung tiga hari ini juga diselenggarakan acara Seminar mengenai “Kerjasama R&D Pengolahan dengan ITB dalam pengembangan Katalis” dengan nara sumber yaitu Doktor Subagyo dari Institut Teknologi Bandung.

Share this