Posted August 30, 2013 by admin in Berita

Kuliah Perdana System Thinking FTI

Berkembangnya teknologi & informasi dalam era globlalisasi saat ini menuntut setiap individu mampu menghadapi pasar bebas dunia dengan kemampuan disiplin ilmu dan cara berpikir untuk menyelesaikan setiap masalah yang timbul di dalamnya.

Fakultas Teknologi Industri (FTI) menjawab tantangan tersebut dengan mengadakan Proyek Rekayasa Interdisiplin sebagai mata kuliah baru yang dimulai pada tahun ajaran ini dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2010 FTI. Tujuan mata kuliah ini diharapkan agar mahasiswa dari berbagai multi disiplin ilmu dapat bekerjasama dalam tim untuk bisa menyelesaikan permasalahan nyata kerekayasaan dengan menerapkan konsep Berpikir Sistem (System Thinking).

Rabu, 28 Agustus 2013 bertempat di Aula Timur Institut Teknologi Industri (ITB) diadakan Kuliah Umum Perdana System Thinking yang digagasi oleh Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik FTI. Acara diawali penjelasan singkat tentang teknis perkuliahan oleh Ardiyan Harimawan, Ph.D. selaku ketua proyek Rekayasa Interdisiplin kemudian dilanjutkan dengan sambutan Dekan FTI Prof. Hermawan K. Dipojono.

Kuliah Umum System Thinking sesi pertama diisi oleh Guru Besar FTI Prof. Bermawi P. Iskandar. Dalam penjelasannya beliau menyampaikan pengantar berpikir sistem serta dasar Sistem Thinking. “Apa yang dimaksud dengan Sistem? Sistem adalah suatu kumpulan elemen-elemen yang berhubungan dan diorganisasikan menjadi satu kesatuan untuk mencapai tujuan.” Kata beliau dalam kuliahnya.

Acara diakhiri dengan penutupan oleh Ir. Rachmawati Wangsaputra, Ph.D. selaku pembina Kuliah System Thinking.

Share this