Posted October 1, 2013 by admin in Berita

Kapita Selekta Teknik Fisika

Kapita Selekta salah satu mata kuliah yang memiliki fungsi sebagai tahap persiapan dan penuntun agar kita lebih terarah dan tepat dalam menempuh ujian atau tugas akhirnya.  Jum’at 27 September 2013 diadakan kuliah Kapita Selekta pada Prodi Teknik Fisika dengan narasumber Yusvi Adi Mustofa (Alumni Teknik Fisika 99) yang bekerja di PT.PLN KITSBU (Persero) sektor Belawan, Medan, Sumatera Utara. Dalam kuliah kapita selekta kali ini, narasumber memberikan 4 hal dalam kuliahnya yaitu : PLN secara General, Overview KITSBU, Implementasi Manajemen Aset Pembangkitan, serta Learning Point.

Sekedar info tentang PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara disingkat KITSBU, dibentuk pada tahun 2004 sebagai hasil reorganisasi PT PLN (Persero) Pembangkitan dan Penyaluran Sumatera Bagian Selatan yang didirikan pada tahun 1997.

Saat ini KITSBU memiliki berbagai jenis mesin pembangkit tenaga listrik berkapasitas daya terpasang 1.772 MW dengan 69 unit pembangkit dan daya mampu sebesar 1.616 MW. Tujuan didirikan PT. PLN KITSBU adalah untuk meningkatkan efektifitas pembangkitan di wilayah Sumatera Bagian Selatan serta mengantisipasi perkembangan sistem penyaluran ketenagalistrikan Sumatera sebagai upaya peningkatan pelayanan, mutu dan keandalan tenaga listrik di Sumatera.

Dalam kuliah kapita selekta kali ini, narasumber juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya apapun yang berkaitan dalam setiap bab yang dibahasnya. Acara ditutup oleh Ir. R. S. Joko Sarwono, Ph.D. selaku dosen pembibing mata kuliah Kapita Selekta. “stay foolish & stay hunger, dont bussiness as usual, saya tertarik learning point terakhir yang disampaikan narasumber. Karena akan membuat Anda tetap membumi, santun serta tidak cepat merasa puas apabila mendapatkan suatu hasil atau pencapaian.”kata beliau kepada mahasiswa sembari menutup acara Kuliah Kapita Selekta.

Share this