Posted October 31, 2013 by admin in Berita

Kapita Selekta bersama Addie M.S

Rabu (2013/10/30) bertempat di Aula Timur ITB Program Studi Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri mengadakan Kuliah Kapita Selekta dengan tema “Membangun Nasionalisme melalui Lagu-Lagu Perjuangan dan Daerah” kuliah pagi tersebut terasa spesial karena pembicara dalam kuliah ini adalah Addie M.S , seorang composer dan arranger orkestra yang sudah sering kita dengar & lihat karya-karya beliau di media sosial maupun elekrtronik. Wajar jika sejak pukul 08.45 WIB Aula Timur ITB sudah dipenuhi ratusan mahasiswa yang bersemangat & antusias dengan Kuliah Kapita Selekta yang diadakan hanya dua jam tersebut. Antusiasme tidak hanya datang dari mahasiswa Teknik Fisika FTI, mahasiswa fakultas lain pun tak kalah bersemangat untuk mengikuti kuliah ini. Ini terlihat dari jumlah mahasiswa yang mendaftar sudah lebih dari 100 orang di Lab Fisika Bangunan dan Akustik, LabTek VI, sehari sebelumnya karena memang kuliah ini terbuka untuk seluruh mahasiswa ITB.

Awal acara dibuka dengan pengantar kuliah oleh Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, Ph.D. sebagai pembimbing kuliah Kapita Selekta. Dalam pengantar kuliah tersebut, beliau menyampaikan terimakasih kepada Addie M.S yang sudah bersedia menjadi pembicara serta sharing ilmu & pengalaman. “Tema Nasionalisme melalui lagu-lagu perjuangan dan daerah, menurut saya ini sangat penting untuk tetap menjaga rasa nasionalisme kita terhadap bangsa Indonesia. Selamat mengikuti kuliah Kapita Selekta dan semoga bermanfaat.”  tegas beliau.

Acara dilanjutkan dengan persentasi kuliah dari pembicara utama yaitu Addie M.S , beliau mulai bercerita awal ketertarikannya dengan musik orkestra, sejarah orkestra serta kontribusi musik khususnya orkestra terhadap sejarah peradaban dunia. Beliau juga menceritakan tentang pengalamannya membuat musik simponi orkestra lagu kebangsaan Indonesia Raya serta lagu-lagu daerah bersama Twilite Orchestra dalam album The Sounds of Indonesia yang dirilis 2 Maret 2012. ”Saya terharu dan sangat bangga ketika tahu bahwa The Sounds of Indonesia berhasil menjadi topchart pada iTunes, ini yang bener-bener pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan bagi saya.” Jelas beliau. Hal yang sangat membanggakan adalah  Addie M.S  tidak memungut royalty sepeserpun untuk lagu Indonesia Raya- My pride versi orkestra, karena ini murni dedikasinya untuk Indonesia.

Sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan narasumber juga sangat hangat, terlihat antusiasme mahasiswa terhadap acara ini tidak menurun. Di akhir acara Addie M.S menerima kenang-kenangan dari Prof. Soegijanto mewakili Program Studi Teknik Fisika FTI. Semoga ilmu, pengalaman, serta semangat nasionalisme yang dimiliki oleh Addie M.S menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa ITB. Amin

Share this