Posted December 9, 2013 by admin in Berita

Pameran Proyek Rekayasa Interdisiplin

Pagi itu suasana di Campus Center Timur ITB berbeda dengan hari biasanya, kemarin Jum’at (2013/12/06) sejak pukul 07.30 lantai 1 dan 2 sudah mulai dipenuhi mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) mempersiapkan diri untuk mengikuti “Pameran Proyek Rekayasa Interdisiplin” dengan judul proyek yaitu Perancangan Proses Gasifikasi Biomassa sebagai Alternatif Energi Listrik pada Green Campus ITB- Jatinangor.

Pameran dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Bermawi P. Iskandar (Wakil Dekan Bidang Akademik FTI), kemudian dilanjutkan sekilas info tentang Proyek Rekayasa Interdisiplin dari Dr. Ardiyan Harimawan. Pameran  yang pertama kali digelar ini menampilkan 50 poster  hasil karya kelompok mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri atau dengan kata lain seluruh mahasiswa FTI angkatan 2010 ikut berpartipasi dalam acara ini. Hal ini sesuai dengan tujuan perkuliahan System Thingking yaitu mahasiswa dari berbagai multi disiplin belajar bekerjasama dalam tim menyelesaikan permasalahan nyata kerekayasaan dengan menerapkan konsep Berpikir Sistem.

Setelah dua semester mempelajari mata kuliah System Thingking maka setiap kelompok yang sudah  dibagi dari awal kuliah dengan beranggotakan mahasiswa yang saling berbeda disiplin ilmu tersebut mempresentasikan hasil kerjasama mereka selama ini.

Melalui seleksi dan penilaian dari dosen serta pembimbing akhirnya hanya 7 finalis terbaik wakil dari masing-masing kelas yang berkesempatan mempresentasikan hasil kerjasama mereka dihadapan para juri yang terdiri dari dosen-dosen FTI antara lain Prof. Dr. Bermawi P. Iskandar (Teknik Industri), Prof. Dr. Herri Susanto (Teknik Kimia), Dr. Augie Widyotriatmo (Teknik Fisika), Dr. Andi Cakravasti (Teknik Industri), Ir. Budiono Kartohadiprodjo (Teknik Fisika), dan Ir. Ella Meilia (Project Manajer Proyek Pengembangan Gas Jawa Bagian Timur (PPGI) PT. Inti Karya Persada Teknik).

Share this