Posted January 13, 2014 by admin in Berita

ITB Sabet Empat Juara pada OSN Pertamina 2013

1388507003
1388507003

Pada ajang Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN PERTAMINA) 2013 yang berlangsung pada Senin-Jumat (9-13/12/13) di Universitas Indonesia, ITB berhasil menorehkan prestasi gemilang. Empat kejuaraan berhasil diraih, dua di antaranya dari kategori teori, sedangkan sisanya dari kategori proyek sains. Tahun ini merupakan tahun keenam diselenggarakannya OSN Pertamina.

Untuk kategori teori, juara II bidang Matematika diraih oleh Dian Sito Rukmi (Matematika ’11) dan juara II bidang Kimia diraih oleh Bijak Riyandi Ahadito (Kimia ’10). Sedangkan untuk kategori proyek sains, juara II bidang Aplikasi Perangkat Lunak diraih oleh Hanif Lyonnais, Irfan Kamil, dan Satria Adi Pradana. Ketiganya merupakan mahasiswa program studi Informatika 2010. Sedangkan juara III pada bidang yang sama, juga diraih oleh tim ITB yang terdiri dari Muhammad Taufik Hidayat, Alvin Nurhadi Wijaya, dan Muhammad Akbar Arrozaq. Ketiganya merupakan mahasiswa program studi Teknik Fisika 2011.

Kategori proyek sains terdiri dari 2 tahap, yaitu penyisihan dan final. Babak penyisihan sendiri dibagi 2 tahap, tatap muka langsung dan online. Di tahap tatap muka, peserta yang sebelumnya telah membuat makalah dan poster diminta untuk mempresentasikan poster di depan panitia. Oleh panitia pusat, diambil 10 tim terbaik masing-masing bidang yang akan mempresentasikannya di depan juri secara online. 5 tim terbaik masing-masing bidang akan masuk ke babak final. Di babak final, peserta diwajibkan untuk membawa hasil proyeknya untuk dipamerkan dan mempresentasikan proyek tersebut di depan juri.

Sumber : www.itb.ac.id

Share this