Posted February 24, 2014 by admin in Berita

Workshop Penguasaan Akustik Bawah Air Untuk Mendukung Teknologi Pertahanan

Kamis 2014/02/20, program studi Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri ITB mengadakan Workshop dengan tema “Penguasaan Akustik Bawah Air Untuk Mendukung Teknologi Pertahanan” bertempat di Ruang Rapat Prodi Teknik Fisika Gedung TP. Rachmat  lantai 2 . Dalam workshop ini Prodi Teknik Fisika bekerja sama dengan peneliti dari DISLITBANG TNI AL.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FTI Prof.Ir. Bermawi P. Iskandar, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya beliau menyambut baik workshop ini serta  mengapresiasi tim peneliti dari Program Studi Teknik Fisika yang terus mengembangkan teknologi akustik bawah air secara berkelanjutan. “2/3 Wilayah Indonesia adalah laut, dan ini adalah potensi yang besar yang hingga saat ini belum sepenuhnya dapat diolah dan dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. ITB milik bangsa, dan saya sangat mendukung adanya riset kerjasama dengan DISLITBANG TNI AL ini dapat berlanjut ditahun-tahun berikutnya. “ ucap beliau.

Sambutan kedua dari DISLITBANG TNI AL disampaikan oleh Kolonel Ismoyo mewakili Kadis LITBANG TNI AL, beliau menyampaikan terimakasih kepada Program Studi Teknik Fisika atas undangan workshop ini, karena tahun-tahun sebelumnya memang ITB dan DISLITBANG TNI AL sudah mengadakan kerjasama khususnya dengan para peneliti dari Program Studi Teknik Fisika.

Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Prof. Harijono A. Tjokronegoro tentang Underwater SONAR System yang merupakan hasil pengembangan tim peneliti Program Studi Teknik Fisika yang dipimpin oleh beliau. Dalam presentasinya beliau menjelaskan visi dan tujuan penelitian tentang Akustik Bawah Air. Harapan beliau dengan adanya kerjasama dengan para peneliti DISLITBANG TNI AL akan terjadi kolaborasi yang baik untuk mencapai hasil sesuai dengan tujuan penilitian.

Workshop ini juga menampilkan alat penelitian Sonar System yang sedang terus dikembangkan para peneliti bersama yang dibantu dengan mahasiswa Magister Teknik Fisika.

Share this