Posted July 6, 2009 by admin in Berita

Lima Mahasiswa ITB Ikuti HNMUN di Boston, Amerika Serikat

BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa ITB kembali menunjukkan taringnya di kompetensi berlevel internasional.  Lima mahasiswa ITB telah mengikuti rangkaian acara Harvard National Models of United Nation (HNMUN) selama empat hari (13-16/02/2014) di Boston, Amerika Serikat. HNMUN adalah kompetensi debat yang dikemas dalam bentuk simulasi konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Masing-masing tim berlaga dengan memerankan berbagai negara dan NGO di dalam konferensi tersebut. Anggota tim debat dari ITB yang mengikuti kompetensi tersebut adalah  Zeffantri (Fisika Teknik 2010), Sylvester Chrisander (Fisika Teknik 2010), Nina Margareth (Fisika Teknik 2010), dan Jessica Priscilla (Teknik Industri 2010). Selain itu, William Hartono (Teknik Kimia 2010) juga mengikuti rangkaian acara di Boston sebagai perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatek) ITB yang terpilih sebagai salah satu dari enam tim terbaik dalam ajang Social Venture Challenge.

Walau tidak mendapatkan gelar kemenangan, tim ITB yang diketuai oleh Zeffantri yang mengikuti kompetensi debat telah mendapatkan pengalaman yang luar biasa selama mengikuti rangkaian kegiatan HNMUN. “Sebenarnya pemikiran mereka (bangsa asing-red) dengan kita gak jauh beda. Di luar negeri, masih banyak juga kok yang homeless dan meminta-minta. Yang beda itu adalah pemimpinnya,” tukas Zeffantri, “Memang, kita sebagai anak ITB harus jadi pemimpin, pemimpin yang membawa perubahan untuk bangsa.”

Sedangkan William Hartono, ia tampil mempresentasikan proyek pengabdian masyarakat oleh Himatek ITB di Desa Ciporeat, Bandung sebagai salah satu tim terbaik dalam rangkaian acara HNMUN. SVC adalah sebuah kompetensi internasional yang menginspirasi mahasiswa untuk dapat mengadakan sebuah proyek pengabdian masyarakat guna menyelesaikan beberapa masalah sosial di berbagai belahan dunia. Selama keberjalanannya, SVC bekerja sama dengan berbagai konferensi pemuda di dunia yang untuk tahun ini adalah HNMUN.

Proyek yang diajukan oleh Himatek ITB menyangkut tentang pengolahan dan pemanfaatan biogas di Desa Ciporeat. Proyek ini berhasil mengalahkan proyek-proyek lainnya dari seluruh penjuru dunia. Keunikan ide pengabdian masyarakat tersebut membuat Himatek ITB berhak mendapatkan penghargaan dari pihak penyelenggara SVC. Proyek ini selanjutnya akan segera diimplementasikan dan didukung sepenuhnya oleh Resolution Fellowship.

Sumber: www.itb.ac.id

Share this