Posted February 25, 2014 by admin in Berita

Mahasiswa ITB Memenangkan Kompetisi Bisnis dari Asian Job Express di Tokyo, Jepang

Mahasiswa ITB kembali menambah prestasinya di dalam kompetisi internasional, kali ini dalam ajang tahunan, business competition, yang diadakan oleh Asian Job Express 2013. Pada acara tahun ini, terdapat tiga peserta perusahaan yang tergabung dalam Asian Job Express, yaitu Idemitsu Kosan, Ryohin Keikaku (Muji), dan Aeon.  Asian Job Express merupakan perlombaan tahunan yang diadakan oleh perusahaan – perusahaan Jepang untuk mencari mahasiswa – mahasiswa unggulan dalam bidang yang sesuai dengan perusahaan tersebut. Kompetisi ini melibatkan 6 negara di Asia, yaitu China, Jepang, Vietnam, Hong Kong, Singapura, dan Indonesia.

Proses seleksi dilakukan secara bertahap melibatkan 2 tahapan presentasi working paper di Indonesia dan presentasi berkelompok di Tokyo. Setiap peserta yang lolos seleksi di Indonesia melakukan business trip di Tokyo selama 5 hari dan mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Di Jepang, setiap peserta akan terbagi – bagi atas perusahaan yang dipilihnya dan melakukan kerja kelompok dengan mahasiswa dari 6 negara di Asia. Acara puncak ini dilangsungkan pada tanggal 16 – 20 Desember 2013.

Pada acara tahun ini, ITB diwakili oleh William Hartono (Teknik Kimia 2010) yang berhasil mendapatkan peringkat pertama dan Devina (Teknik Kimia 2010) yang berhasil mendapatkan peringkat keempat di kategori Idemitsu Kosan. Setiap tahunnya, penghargaan lebih didominasi oleh Universitas Indonesia. Namun untuk tahun ini, telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan. “Tahun ini menjadi kebanggaan untuk ITB karena telah terjadi kemajuan yang signifikan. Tahun lalu ITB hanya berhasil memperoleh peringkat tiga saja, diharapkan untuk tahun depan kita dapat memperoleh mendali lebihbanyak lagi.” Ujar William Hartono. Tahun lalu penghargaan di Idemitsu Kosan berhasil diraih oleh Mahasiswa Teknik Perminyakan 2009. Semoga tahun ini lebih banyak pemenang dari Institut Teknologi Bandung!

Sumber : www.asianjob-ex.com

Share this