Posted February 28, 2014 by admin in Berita

Seminar Keselamatan Penerbangan Indonesia

Kemarin, 2014/02/26 Kelompok Keahlian Manajemen Industri Fakultas Teknologi Industri menyelenggarakan Seminar Keselamatan Penerbangan Indonesia dengan tema “ Mengkaji Aspek – Aspek Faktor Manusianya” yang diadakan di Auditorium Campus Center Timur ITB. Seminar ini juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa institusi penerbangan antara lain : Direktur Jenderal Perhubungan Udara Indonesia, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja TNI AU, serta Garuda Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Kelompok Keahlian Manajemen Industri (KK Manajemen Industri) Dr.Ir. Iftikar Zahedi Sutalaksana. Beliau menyampaikan penjelasan serta latar belakang diadakannya seminar ini, yaitu kontribusi faktor manusia pada kecelakaan penerbangan. “Data dari KNKT menyebutkan ada 52% faktor manusia pada kecelakaan penerbangan,sedangkan ITB di tahun 2013 meneliti  prosentase faktor manusia ada 84%. Menurut saya akan banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita dapat mengkaji lebih dalam hal ini.” imbuh beliau.

Sambutan kedua disampaikan oleh Prof. Dr.Ir. Kadarsah Suryadi selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM)sekaligus sebagai wakil dari Rektor ITB untuk membuka secara resmi seminar ini. “Harapan kami dengan adanya diskusi dan pembahasan tentang Keselamatan Penerbangan Indonesia dari berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya, seluruh peserta seminar memperoleh manfaat yang terbaik setelah mengikuti seminar Keselamatan Penerbangan ini.” kata beliau. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dekan FTI Prof.Ir. Bermawi P. Iskandar, M.Sc., Ph.D., KK Manajemen Industri, serta seluruh pihak yang terlibat dalam seminar tersebut.

Seminar dilanjutkan dengan presentasi dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara Indonesia diwakili oleh Ir. Muzaffar Ismail. M.Si., kemudian dilanjutkan presentasi dari KNKT, Garuda Indonesia, TNI AU, serta MTI. Dan juga diadakan diskusi kasus serta tanya jawab dari peserta maupun narasumber seminar.

Share this