Posted March 3, 2014 by admin in Berita

Kuliah Tamu Teknologi Pengilangan Minyak Bumi dan Petrokimia

Program Studi Teknik Kimia  Fakultas Teknologi Industri (FTI) kembali mengadakan Kuliah Tamu tentang teknologi pengilangan minyak bumi dan petrokimia dengan mengundang dosen tamu yaitu Dr. Santi Kulprathipanja yang menjabat sebagai Director Southeast Asia Research & Development UOP, A Honeywell Company.

UOP A Honeywell Company yang sebelumnya dikenal sebagai Universal Oil Products yang berpusat di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat, adalah perusahaan multi-nasional mengembangkan dan memberikan teknologi untuk penyulingan minyak bumi, pengolahan gas, produksi petrokimia, dan industri manufaktur besar. Saat ini lebih dari 60 persen dari bensin dunia dan 85 persen dari deterjen biodegradable yang dibuat menggunakan teknologi UOP.

Merupakan kesempatan baik yang didapatkan mahasiswa Teknik Kimia, Dr. Santi Kulprathipanja memberikan kuliah tamu selama lima hari dari tanggal 24-28 Februari 2014 bertempat di ruang Gallery Program Studi Teknik Kimia FTI. Pokok materi kuliah tamu kali ini antara lain adalah Refining and Petrochemical Processes, lntroduction in Petrochemical Separation, Adsorption, MembraneTechnology, serta BTX Technology.

Kuliah tamu ini merupakan gagasan dari Dr. Subagjo sebagai pengajar dari materi-materi kuliah tersebut, beliau berharap dengan adanya kuliah tamu ini mahasiswa mendapatkan tambahan ilmu serta informasi tentang teknologi perancangan dan pengembangan proses kimia.

Respon yang positif ditunjukkan mahasiswa Teknik Kimia,Ini telihat dari antusiasme mahasiswa mengikuti materi kuliah yang disampaikan, sesi tanya jawab memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi pengilangan minyak dunia yang terus berkembang saat ini.

Share this