Posted April 21, 2014 by admin in Berita

Kapita Selekta Science, Technology and Innovation

Jum’at, 25 April 2014 Program Studi Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri (FTI) akan mengadakan kuliah umum Kapita Selekta dengan tema “Ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi dalam pembangunan; Refleksi dari Eropa, Asia Tenggara, dan Agenda Pembangunan Dunia Pasca-2015”. Kuliah akan disampaikan oleh Dr. Yanuar Nugroho, seorang peneliti dan akademisi dari University of Manchester, UK yang juga menjabat sebagai Asisten Ahli Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan & Pengendalian Pembangunan, (UKP-PPP), Indonesia.

Meski dunia makin maju dalam hal pertumbuhan ekonomi, perkembangan teknologi, dan sejumlah aspek kehidupan manusia lainnya, tak bisa dipungkiri bahwa berbagai persoalan dunia belum berhasil diatasi seperti kemiskinan kronis, ketimpangan yang makin tinggi, eksklusi sosial, dan kerusakan lingkungan. Tiga perempat dari tujuh milyar penduduk bumi ini hidup dengan kurang dari dua dollar per hari. Sepuluh persen orang terkaya di bumi ini menguasai lebih dari 70% sumber daya. Kerusakan lingkungan yang terjadi dalam tiga dasawarsa terakhir menunjukkan bahwa manusia sudah beroperasi melebihi ambang batas aman bumi ini. Satu pertanyaan pokok bagi ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (Science, Technology and Innovation, atau STI) dalam konteks seperti ini adalah menemukan cara agar inovasi teknologi dan perkembangan ilmu mampu menjawab tantangan pembangunan di atas. Apalagi dunia dan persoalannya saat ini, serta cara melihatnya, sudah berkembang makin kompleks dibandingkan dua dasawarsa terakhir.

Kuliah ini akan memaparkan sejumlah pelajaran dari peran STI dalam pembangunan di konteks Uni Eropa, Asia Tenggara, dan proses global penyusunan Agenda Pembangunan Dunia Pasca-2015. Kuliah akan disampaikan dalam bahasa Indonesia dengan bahan paparan dalam bahasa Inggris untuk mengantisipasi peserta kuliah internasional. Kuliah terbuka untuk umum dan tidak ada kuliah prasyarat yang dibutuhkan guna mengikuti kuliah ini.

Share this