Posted April 24, 2014 by admin in Berita

Workshop Manajemen Energi 2014

WMI-2
WMI-2

Program Studi Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB mengadakan acara workshop manajemen Energi dengan tema “Mendukung Konservasi Energi Nasional Dengan Implementasi Monitoring Energi“. Workshop yang diselenggarakan di Gedung TP. Rachmat Lantai 2, (2014/04/17) dibuka oleh Dekan FTI Prof.Ir. Bermawi P. Iskandar, M.Sc., Ph.D., beliau mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun ke depan Indonesia diprediksi akan menjadi pengimpor bahan baku minyak nomor 1 di dunia. “Ini bukan berita yang baik, bahkan kita sebagai Warga Negara Indonesia prihatin akan keadaan ini, dan bukan tidak mungkin kita akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan energi dalam negeri di masa mendatang.” tambah beliau.

Beliau berharap dengan adanya workshop manajemen energi ini, akan menghasilkan gagasan serta solusi dari kalangan akademisi khususnya Kelompok Keahlian Teknik Fisika FTI bersama dengan Kementerian ESDM dapat memberikan kontribusi positif terhadap permasalahan energi bangsa Indonesia saat ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presetasi Peraturan Menteri ESDM no.14 tahun 2012 tentang Manajemen Energi yang diwakili oleh Ir. Maritje Hutapea selaku Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM RI. Beliau menjelaskan kebijakan dan regulasi bidang manajemen energi Indonesia serta program-program konservasi energi hingga tahun 2017 yang berkaitan dengan konsep Green Buildings dalam workshop kali ini.

Pembicara selanjutnya adalah Ir. Rana Yusuf Natsir, alumnus Teknik Fisika yang sekarang menjabat sebagai Direktur Teknologi Green Buildings Council Indonesia (GBCI) menjelaskan tentang pentingnya konsep Green Buildings bagi pembangunan gedung-gedung di Indonesia yang akan berkontribusi dalam  program penghematan energi yang sedang dijalankan pemerintah melalui Kementerian ESDM.

Kelompok Keahlian Teknik Fisika dalam hal ini mempresentasikan tentang Teknologi Sistem Monitoring Energi untuk Menunjang Manajemen Energi, “ Teknik Fisika sangat konsern terhadap tentang Teknologi Pengukuran, Akustik, serta Teknologi Sistem Monitoring Energi, kami ingin berkontribusi untuk Konservasi Energi Nasional tentunya dengan dukungan seluruh stackholder bangsa ini.” tambah Prof.Dr.Ir. N. Harijono A. Tjokronegoro, DEA.

Share this