Posted February 20, 2007 by man in Berita

Lomba “Pemograman Ladder PLC” Tingkat Nasional 2007

PLC (Programmable Logic Controller) merupakan salah satu perangkat keras pengontrol yang keberadaanya di industri sangat vital. Penggunaan PLC di Industri mampu menaikan produktivitas, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya produksi, menghasilkan kualitas produk yang konsisten dan masih banyak yang lainnya. Agar didapatkan program yang bekerja dengan benar, sangat dibutuhkan SDM yang terampil dan teliti agar PLC dapat melakukan fungsi dan pekerjaan pengontrolan mesin dan proses yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Untuk memacu minat para mahasiswa di bidang kontrol khususnya PLC, maka Prodi Teknik Fisika mengadakan Lomba Pemrograman Ladder PLC tingkat nasional 2007. Lomba ini diadakan pada tanggal 20-21 Februari 2007 dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan menyiapkan SDM nasional yang terampil dalam pemrograman PLC yang sangat diperlukan untuk menghasilkan sistem otomasi industri yang baik dan handal. Peserta lomba adalah 64 tim masing-masing tim beranggotakan 2 orang yang mewakili perguruan tinggi masing-masing dari seluruh Indonesia. Kebanyakan peserta lomba berasal dari Departement/Jurusan Teknik Fisika, Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Program Ladder yang dikompetisikan adalah program yang harus dibuat untuk kasus aplikasi otomasi industri.

Dr.Ir. Endra Joelianto selaku Ketua Panitia Lomba memberikan informasi bahwa selain acara lomba, pada saat yang bersamaan juga digelar Workshop dan Pameran dengan tema “PLC dan Teknologi Otomasi Industri”. Kedua acara diharapkan dapat menambah pengetahuan, memperluas wawasan dan mengenalkan mahasiswa-mahasiswa dengan perkembangan teknologi terkini.

rensi/200207

Share this