Posted April 29, 2014 by admin in Berita

Menanam Kembali Science, Technology and Innovation

Kapsel Dr Nugroho Yanuar
Kapsel Dr Nugroho Yanuar

Dr. Yanuar Nugroho seorang akademisi dan peneliti dari University of Manchester memberikan kuliah umum Kapita Selekta di  Auditorium Campus Center Timur ITB (25/04/2014) yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri (FTI) dengan tema “ Refleksi dari Eropa, Asia Tenggara, dan Agenda Pembangunan Dunia Pasca-2015”. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Asisten Ahli Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan, Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Joko Sarwono selaku dosen pembimbing kuliah Kapita Selekta ini. Selain sebagai mata kuliah, melalui acara ini beliau secara singkat mengajak mahasiswa untuk berdiskusi tentang peran Science, Technology and Innovation (SCI) terhadap pembangunan saat ini khususnya di Indonesia.

Dalam presentasinya, Dr. Nugroho memberikan refleksi akademis serta menceritakan pengalaman beliau ketika ikut dalam perencanaan pembangunan di Uni Eropa (2006-2012), riset mengenai kapasitas inovasi bagi pembangunan atau innovation for development di Asia Tenggara (2010-2012), dan keterlibatan peran Indonesia dalam penyusunan Agenda Pembangunan Dunia Pasca 2015 (2012-sekarang). “Cara menghadapi problematika pembangunan saat ini adalah menanam kembali Science, Technology and Innovation di Indonesia” kata beliau.

Menurut Dr. Nugroho ada empat hal yang harus dilakukan untuk menanam kembali SCI di Indonesia, antara lain: Perencanaan dalam strategi dan prioritas penelitian nasional, Kapasitas pembangunan dalam research and development, Menumbuhkan para peneliti dan ahli dalam SCI, serta Pembinaan hubungan antara Indutri,pemerintah,intitusi pendidikan dan masyarakat bagi SCI untuk pembangunan Indonesia.

Share this