Posted July 1, 2014 by admin in Berita

Teknik Fisika ITB Raih Juara III pada ITS EXPO PAPER COMPETITION (IEPC) 2014

ITS EXPO PAPER
ITS EXPO PAPER

Tim Teknik Fisika ITB yang terdiri dari Nathaniel Chandra Harjanto (13310083), Robet Fransiska M.A. (13310088), dan Zalman Fariz (13310103), berhasil meraih Juara III pada ITS Expo Paper Competition (IEPC) 2014 yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Dengan judul karya tulis ilmiah “Fabrikasi Dye-Sensitized Solar Cell Menggunakan Dye Alami sebagai Alternatif Dye Ruthenium” yang diselesaikan dengan bimbingan Bapak Brian Yuliarto, Ph.D. dan Muhammad Artono, S.T., tim Teknik Fisika ITB berhasil meraih predikat juara ketiga dari total 150 tim yang berpartisipasi dalam kompetisi ini terhitung dari jumlah peserta yang lolos tahap seleksi abstrak.

Kompetisi yang berlangsung dari tanggal 3 Februari hingga 1 Mei 2014 ini mengusung tema utama “Asean Economic Community 2015 :  Strategi Pengembangan Industri Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia dalam menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015” dengan 5 subtema. Tim Teknik Fisika ITB memilih subtema “Pemanfaatan sumber daya alam Indonesia sebagai energi alternatif berkelanjutan untuk peningkatan daya saing industri” sebagai fokus tema karya tulis ilmiah. Kompetisi ini terdiri dari 3 tahap utama yaitu seleksi abstrak, seleksi karya tulis, dan Grand Final.

Pada tahap Grand Final IEPC 2014 yang diselenggarakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh November di Surabaya, tim Teknik Fisika ITB berkompetisi dengan 14 finalis lainnya dari berbagai universitas. Dalam tahap ini, finalis diminta untuk mempresentasikan karya tulisnya disertai dengan demonstrasi prototipe alat ataupun sistem yang diajukan pada karya tulis. Dalam kompetisi ini, diputuskan 3 tim yang meraih predikat juara berdasarkan penilaian juri yaitu Juara I diraih oleh tim UGM, Juara II diraih oleh tim ITS, dan Juara II diraih oleh Tim Teknik Fisika ITB.

Keikutsertaan ITB dalam perlombaan ini mendapat sambutan yang positif dari pihak universitas lain seperti UGM dan ITS dimana selama ini partisipasi mahasiswa ITB dirasakan kurang dalam kancah kompetisi dan perlombaan dalam negeri. Semoga melalui prestasi ini, mahasiswa ITB dapat semakin terpacu untuk mengaplikasikan ilmunya dan mengharumkan nama ITB melalui berbagai kompetisi dan perlombaan.

Share this