Posted August 29, 2014 by admin in Berita

Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin FTI

Kamis, 27 Agustus 2014 Fakultas Teknologi Industri (FTI) mengadakan acara “Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin 2014” di Aula Timur ITB. Mata kuliah baru yang sudah dimulai sejak tahun lalu ini, kali ini bekerjasama dengan PT. Pertamina Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FTI, Prof.Ir. Bermawi P. Iskandar, Ph.D.  memberikan ulasan serta kuliah tentang Proyek  Rekayasa Interdisiplin (PRI). “Tujuan mata kuliah ini diharapkan agar mahasiswa dari berbagai multi disiplin ilmu dapat bekerjasama dalam tim untuk bisa menyelesaikan permasalahan nyata kerekayasaan dengan menerapkan konsep Berpikir Sistem (System Thinking)” jelas beliau.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang teknis dan materi perkuliahan disampaikan oleh Ardiyan Harimawan Ph. D selaku ketua proyek Rekayasa Interdisiplin kemudian presentasi oleh perwakilan dari PT.Pertamina Indonesia oleh Andianto Hidayat (Technology and Product Development Manager) yang menjelaskan tema serta dasar penelitian untuk mata kuliah PRI ini.

Beliau menjelaskan tentang pengolahan CO2 dengan memanfaatkan sampah  di area Jawa Barat untuk kebutuhan industri. Nantinya mahasiswa dapat memulai memilih tema proyek serta mengumpulkan bahan untuk didiskusikan yang akan di presentasikan dalam lomba karya industri serta Pameran Proyek Rekayasa Interdisiplin di akhir semester.

Dimoderatori oleh Ir. Rachmawati Wangsaputra, Ph.D sesi terakhir acara diisi dengan tanya jawab mahasiswa dengan pihak Pertamina tentang hal-hal yang berkaitan dengan Tema serta bahan diskusi untuk mengerjakan proyek permodelan industry dalam kuliah PRI.

Share this