Posted November 3, 2014 by admin in Berita

CHEMMPRO 2014

CHEMMPRO 2014
CHEMMPRO 2014

Kamis, (30/10/2014) Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri ITB (FTI-ITB) mengadakan Internasional Seminar on Chemical Engineering (CHEMMPRO 2014) yang mengangkat tema “ Minerals and Materials Processing Toward Sustainable Development “ bertempat di Aula Timur ITB.

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni Prof.Dr.Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc., dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia CHEMMPRO 2014, Dr. Dendy Adityawarman. Tujuan dari STKSR 2014 ini adalah untuk membentuk sinergi yang komprehensif diiantara beberapa aspek dalam terus berkomitmen untuk memajukan dunia research and development. Selain itu untuk menjalin hubungan baik antara sesama peneliti khususnya dalam bidang teknik kimia.

Terdapat dua sesi utama dalam STKSR ini, yakni plenary session dan parallel session. Dalam plenary session, pembicara menyampaikan materi sesuai tema dan keahliannya masing-masing.  Plenary session yang pertama berbicara mengenai sustainable mineral processing yang disampaikan oleh Prof. Geoffrey Brooks dan Prof M. Akbar Rhamdhani dari Swiburne University of Technology. Kemudian dilanjutkan dengan sesi dua mengenai overcome the challenges in Indonesia’s minerals and materials processing industry yang disampaikan oleh perwakilan dari Direktorat Jenderal Minerba, PT ANTAM, Freeport Indonesia, PT Newmont Nusa Tenggara dan Direct Nickel.

Plenary session ditutup melalui sesi 3 pada hari kedua dengan tema the advancement of ehemical engineering technology dengan pembicaranya adalah Prof. Ka Ming N dari Hong Kong University of Science  and Technology, Dr. Wuled Lenggono dari Tokyo University of Agriculture and Technology, serta Prof. Dr. Manabu Miyamoto sebagai perwakilan dari Gifu University.

Pada STKSR 2014 ini, Parallel session ini dibagi ke dalam sebelas tema, yakni advanced material, industri, material processing, mineral processing, material refining, material recovery, material recovery, nanoparticle, nanotechnology, polymer, dan others. Bukan hanya dari kalangan dosen maupun profesional yang mempersentasikan paper tersebut. Beberapa mahasiswa juga ikut terlibat langsung dalam sesi paralel ini untuk mempresentasikan hasil penelitiannya masing-masing.

Share this