Posted February 6, 2015 by admin in Berita

Kuliah Pengantar dan Rekayasa Desain FTI 2015

Selasa (03/02/2015), Fakultas Teknologi Industri (FTI-ITB) kembali mengadakan Kuliah Praktek Pengantar dan Rekayasa Desain (PRD) dengan materi “Proses Pembuatan Asap Cair” dengan dosen pembimbing Dr. Mubiar Purwasasmita, Hary Devianto, Ph.D., Dr. Yosi Agustina serta beberapa asisten dari mahasiswa Program Studi Teknik Kimia FTI.

Bertempat di halaman Laboratorium Pilot Project Teknik Kimia FTI, kuliah praktek ini diikuti oleh mahasiswa TPB FTI 2014. Kuliah diawali dengan sosialisasi oleh Hary Devianto Ph.D. tentang keamanan dalam kuliah praktek serta tata cara menggunakan bioreaktor yang telah disiapkan oleh beberapa teknisi Program studi Teknik Kimia sebelumnya.

Menurut Hary Devianto, kuliah praktek PRD kali ini mahasiswa diajak untuk mengamati, mencatat, serta mendokumentasikan setiap perubahan dan proses kimia yang terjadi pada bioreaktor. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui proses kimia untuk menghasilkan asap cair yang efisien dalam waktu proses pembuatannya.

Selain kuliah praktek pembuatan asap cair, di Ruang Auditorium IPTEKS gedung Campus Center Timur ITB juga diadakan kuliah praktek PRD FTI tentang Klungbot (Angklung Robot). Dengan bimbingan dari Dr. Eko Mursito dan beberapa asisten akademik  Program Studi Teknik Fisika. Materi kuliah Klungbot adalah “Kalibrasi Software Klungbot pada Handphone”. Di sini mahasiswa mempelajari cara setting nada pada alat musik Angklung menggunakan aplikasi Klungbot sebelum di implementasikan untuk pertunjukan Angklung.

Share this