Posted March 3, 2015 by admin in Berita

Pidato Ilmiah Dr. Subagjo pada Dies Natalis ITB ke-56

UploadGabung_resize
UploadGabung_resize

Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali gelar sidang terbuka memperingati Dies Natalis Ke-56 ITB. Bertempat di Aula Barat, Senin (02/03/15) acara ini dihadiri oleh berbagai elemen civitas akademika mulai dari Rektor ITB, Senat Akademik, Majelis Guru Besar sampai dengan mahasiwa. Pada pidato ilmiah Dies Natalis ITB kali ini disampaikan oleh Dr. Subagjo (dosen Teknik Kimia FTI) bertajuk “Restorasi Semangat Membuat Baju dari Batu: Peranan ITB dalam Pengembangan Katalis Nasional”. Beliau saat ini juga menjabat sebagai Ketua Masyarakat Katalis Indonesia (MKICS).

Acara Dies Natalis ini juga dibuka oleh Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi dan dilanjutkan sambutan dari Prof. Hermawan K. Dipojono sebagai Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Pendidikan Tinggi (Dikti). Prof. Hermawan mengungkapkan bahwa Kemenristek dan Dikti ingin mendorong perguruan tinggi untuk memperbanyak program double degree dikarenakan program ini lebih menguntungkan. Salah satu keuntungannya adalah Indonesia dan hasil penelitiannya akan lebih dikenal di dunia pendidikan internasional.

Dalam acara ini juga diadakan pemberian penghargaan oleh Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi kepada dosen-dosen ITB yang berprestasi dalam bidang teknologi, inovasi, dan penelitian. Dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) yang mendapatkan penghargaan antara lain : Prof. I Gede Wenten, Dr. Subagjo, Dr. Anas Ma’ruf, Dr. Eko Mursito Budi serta Dr. Brian Yuliarto.

Selain diadakannya sidang terbuka, dalam memperingati Dies Natalis ITB ke-56 juga diadakan Pameran Produk dan Karya Inovasi bertempat di Aula Timur ITB. Pameran ini berisi penelitian-penelitian para dosen ITB dan mahasiswa. Produk-produk riset yang ditampilkan juga adalah produk-produk atau karya yang sudah siap untuk diterapkan maupun dikomersialisasikan ke pasar.

Sumber: www.itb.ac.id

Share this