Posted May 22, 2015 by admin in Berita

Tim Robot HMFT Juara 3 Kategori RC Underwater Robot

Juara 3 RC Underwater Robot
Juara 3 RC Underwater Robot

Tim Robot Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) FTI-ITB, “Skullers Boro” meraih Juara III kategori Remote Control Underwater Robot pada “the 22nd Singapore Robotic Games 2015” yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Januari 2015 di Tae Eeng Soon, Singapore.

Pada kompetisi ini, HMFT mengikuti dua kategori lomba, yaitu Remote Control Underwater Robot dan Wall Climbing Robot. Tim RC Underwater diawaki oleh Muhammad Afif, Fauza Karomatul Mahsyuroh, Genki Imam Prayogo dan Nova Mahendra Putra. Tim Wall Climbing Robot terdiri dari Bella, Agung Prasdianto, Steve,  Haris Suwignyo dan Tomil.

RC Underwater Robot HMFT berkompetisi dengan 33 robot lainnya, yang terdiri dari 31 Remote Control Robot dan 2 Autonomous Robot. Dua robot autonomous dibuat oleh Republic Polytechnic, sedangkan robot-robot remote control berasal dari berbagai universitas dan sekolah seperti Nanyang Polytechnic, Republic Polytechnic, ITE College Central, ITE College West, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Maranata, Sekolah Robot Indonesia, dan Taruna Bangsa.

Pemenang kategori RC Underwater Robot ini berturut-turut adalah Republic Polytechnic, ITE College Central dan Skullers Boro HMFT ITB.

Adapun kategori Wall Climbing Robot diikuti oleh 6 robot. Empat robot berasal dari Nanyang Polytechnic, 1 robot Skullers Boro HMFT ITB dan 1 robot dari Teknik Elektro ITB. Robot Skullers Boro yang bertanding ini merupakan pengembangan lanjut robot yang bertanding pada tahun 2014. Pada kompetisi tahun 2014, robot ini hanya mampu melintasi arena mendatar  dan arena tegak. Untuk menghadapi kompetisi tahun 2015, robot tersebut telah dibangun untuk mampu menggantung pada dinding atas.

Namun pada saat kompetisi, robot tersebut mengalami masalah teknis dan tidak mencapai garis finish. Sehingga, kategori ini dimenangkan oleh Nanyang Polytechnic. Terus berjuang Skullers Boro, sampai jumpa di podium juara Singapore Robotic Games tahun 2016!

Sumber : www.tf.itb.ac.id

Share this