Posted June 16, 2015 by admin in Berita

Presentasi Software Fire and Explosion

FLAGS Workshop
FLAGS Workshop

Selasa, 9 Juni 2015 Program Studi Teknik Kimia FTI mengadakan acara diskusi serta pengenalan Software Fire and Explosion dalam bidang keselamatan industri dan penilaian resiko dari GexCon Norway yang memperkenalkan Software GexCon FLACS (FLame ACceleration Simulator).

Acara ini dihadiri para dosen FTI serta mahasiswa ini dibuka dengan sambutan dari Hary Devianto Ph.D. selaku panitia acara dan perwakilan dari Program Studi Teknik Kimia FTI. Dilanjutkan presentasi dari Ronan Abiven (Principal Consultant – GexCon) menjelaskan tentang fitur baru pada perangkat lunak FLACS. Hadir juga sebagai perwakilan Gexcon yaitu Sune Solberg (Vice President for International Sales – GexCon) serta Julius Sidharta (ATS – GexCon Official Rep. Agent for Indonesia).

Di akhir sesi presentasi, diadakan diskusi bersama peserta, diharapkan dengan adanya acara ini dapat menambah referensi keilmuan bagi dosen ataupun mahasiswa dalam mengadakan penelitian.

Sekilas tentang FLACS, adalah perangkat lunak Computational Fluid Dynamics (CFD) yang digunakan secara luas untuk ledakan pemodelan dan pemodelan dispersi atmosfer dalam bidang keselamatan industri dan penilaian risiko. Area aplikasi utama FLACS dalam petrokimia, proses manufaktur, pengolahan makanan, pengolahan kayu, metalurgi, dan industri keselamatan nuklir. Hingga tahun ini, GexCon Norway telah mengembangkan perangkat lunak versi terbaru yaitu FLACS Fire (v10.3).

Share this