Posted October 16, 2015 by admin in Berita

“Anechoic Chamber” Fasilitas Baru di ITB

AnechoicCamber_upload_
AnechoicCamber_upload_

Tidak lama lagi ITB akan memiliki fasilitas laboratorium baru yaitu “Anechoic Chamber” atau “Ruang Tanpa Gema” . Ruang anechoic ini terletak di Gedung Center for Advanced Studies (CAS) ITB-JICA di sebelah timur Kantor Penerbit ITB yang sedang dalam proses pembangunan.

Dikutip dari berbagai sumber, Anechoic Chamber adalah sebuah ruangan yang dirancang untuk meredam gelombang refleksi baik suara atau elektromagnetik. Ruangan tersebut juga terisolasi dari noise yang berasal dari luar. Kombinasi dari kedua aspek adalah mensimulasikan ruang terbuka di dalam dimensi tak terbatas, yang berguna ketika hasil yang ada tidak berpengaruh sama sekali dari pengaruh luar. Ruang tanpa gema awalnya digunakan dalam konteks akustik (gelombang suara) untuk meminimalkan refleksi dari ruangan tersebut.

Dalam ruang Anechoic (ruang tanpa gema), Anda menjadi sumber bunyi. Semakin lama orang yang berdiam di ruang yang bisa menyerap suara hingga 99,99 persen itu, maka ia akan mengalami halusinasi.

Ruang Anechoic sering digunakan untuk menguji antena (pengukuran), radar atau gangguan elektromagnetik, untuk telepon bergerak, satelit dan Tes Near Field Sites (dengan sistem positioner), Selain itu banyak lembaga di Amerika Serikat seperti NASA menggunakan ruang Anechoic untuk menguji para astronotnya, berapa lama mereka bertahan sebelum mulai berhalusinasi dan bagaimana mereka mengatasinya.

Sumber : wikipedia.org; beritasatu.com; dewiambarsari.blogspot.co.id; wawancara dengan Dr. Joko Sarwono (Dosen Teknik Fisika ITB)

Share this