Stock Market Workshop

Kelompok Keahlian Manajemen Industri ITB (KKMI) mengadakan iYouth: Stock Market Workshop “Mahasiswa Cerdas Berinvestasi” bertempat di Ruang Galeri Teknik Industri ITB pada hari Kamis, 23 Maret 2016.

Acara dibuka oleh sambutan dari Ir. Pamoedji Hardjomidjodjo, M.M. selaku dosen pembimbing LIPSP (Laboratorium Inovasi dan Pengembangan Sistem Perusahaan) ITB serta Christeven (Teknik Industri 2012) selaku ketua pelaksana iYouth. “Kami ingin mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya pada mahasiswa ITB, agar kenal dengan interface pasar modal. Selama ini sudah banyak acara-acara seperti seminar dan talkshow mengenai pasar modal, namun masih banyak yang takut untuk mencoba karena belum kenal dengan interface-nya secara langsung,” terang Christeven. Harapannya, setelah menghadiri workshop ini, tidak ada lagi yang takut untuk membuka rekening pasar modal, dan memiliki kemampuan untuk mendapatkan keuntungan dalam jual-beli saham.

Dilanjutkan dengan presentasi tentang Bursa Efek Indonesia (BEI) oleh Kepala BEI Kantor Perwakilan Bandung, Hari Mulyono. BEI mengusung kampanye “Yuk Nabung Saham” untuk menggenjot peningkatan jumlah investor. “Peluang penambahan dari kalangan mahasiswa sangat besar, terlebih kini minimal pembelian saham bisa hanya 1 lot atau 100 lembar saham dengan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Pengenalan pasar modal ke kampus-kampus di Jawa Barat dalam rangka meningkatkan jumlah investor di pasar modal dari Jawa Barat. Hari menyebutkan jumlah akun pasar modal asal Jabar masih rendah dibandingkan dengan jumlah penduduk di Jabar.

Sebagai informasi, mengawali tahun ini, BEI secara masif terus melakukan serangkaian program sosialisasi dan edukasi yang diadakan di beberapa daerah guna meningkatkan jumlah investor baru di pasar modal. Pihak BEI sendiri optimistis akan ada penambahan 300 ribu investor baru tahun ini.

Setelah presentasi mengenai dasar-dasar berinvestasi, acara dilanjutkan dengan workshop yang diberikan oleh Indarto Junaidi (Production Development Online Trading Trimegah Securities). Setiap peserta diberikan akun tamu yang dapat digunakan untuk mengakses online trading Trimegah.

Berita Terkait

English