The 4th International Conference on Instrumentation, Control and Automation 2016 (ICA 2016)

Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol dari Program Studi Teknik Fisika bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) menggelar acara “The 4th International Conference on Instrumentation, Control and Automation 2016 (ICA 2016)” yang berlangsung 3 hari mulai 29 Agustus – 31 Agustus 2016.

Rangkaian acara ICA 2016 dimulai Senin, 29 Agustus 2016 dengan diadakannya Workshop “Electrical Impedance Tomography – Computational on Forward and Inverse Problems” oleh Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng., (Dosen Teknik Fisika ITB) dan Agah Garnadi (Program Studi Matematika IPB Bogor), serta Workshop “Intelligent Transportation Systems (ITS)” oleh Endra Joelianto Ph. D. dan “Polynominal Optimization Methods for Systems and Control” Herman Y. Sutarto.

Hari kedua ICA 2016, di Aula Timur ITB digelar Instrumentation and Control National Competition (ICONIC) 2016 Kompetisi Inovasi Teknologi untuk siswa/i SMA sederajat dan mahasiswa/i S1 dan Diploma dibuka dengan sambutan dari Ketua Pelaksana ICA 2016, Dr. Eko Mursito Budi. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Miming Miharja, ST,M.Sc.Eng. selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi (WRAAK) dan Dr. Ford Lumban Gaol perwakilan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh pertunjukan tari dari mahasiswa Teknik Fisika.

Setelah coffee break acara dilanjutkan dengan presentasi Karya Ilmiah oleh Lima tim terbaik kategori siswa SMA yang telah lolos seleksi untuk mempresentasikan hasil karya mereka di bidang teknologi instrumentasi dan Kontrol kepada pengunjung dan dewan juri. Kelima tim tersebut diantaranya SMA Nuris Jember, SMA Negeri 2 Cirebon, MA Unggulan Nuris Jember, SMA Negeri 1 Gresik dan SMA Negeri 10 Malang.

Hari ketiga ICA 2016 diadakan presentasi ilmiah oleh Lima Besar tim kategori Mahasiswa S1 dan Diploma ICONIC 2016 diantaranya : APIK-G Berbasis Mikrokontroller dan Sensor Ultrasonik (Universitas Dian Nuswantoro, Semarang), Sistem Pendingin Panel Surya otomatis berbasis PLC (ITS Surabaya), Rancang Bangun Pengendali Nutrisi Sistem Hidroponik Ebb & Flow (ITS Surabaya), Water Treatment Evaporator (ITS Surabaya), Pengendali Tanaman Padi Berbasis Arduino dengan SmartPhone (ITS Surabaya).

Seluruh rangkaian kegiatan ICA 2016 ditutup oleh Dekan FTI-ITB,  Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. serta pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kompetisi ICONIC 2016.

Selamat dan sukses kepada Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol Program Studi Teknik Fisika bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) serta para Pemenang ICONIC 2016. Semoga semakin bermanfaat bagi pengembangan teknologi dan Inovasi bagi masa depan Indonesia.

Berita Terkait

English