Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol FTI Bersama Siemens Gelar Kompetisi PLC 2016

Untuk menyiapkan generasi yang andal di sektor automasi, Laboratorium Kontrol dan Automasi Cerdas, Program Studi Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung (ITB), didukung oleh Siemens Indonesia, kembali menggelar kompetisi nasional Programmable Logic Controller  (PLC) di Bandung, 15 September 2016. Bertemakan “Pendayagunaan Kompetensi Sumber daya Manusia Nasional di Bidang Otomasi” acara yang digelar untuk keenam kalinya ini telah menuai berbagai kesuksesan pada tahun-tahun sebelumnya.
PLC adalah salah satu komponen penting dalam rantai nilai industri yang menjadi faktor utama untuk mendukung berbagai tahapan produksi secara berkelanjutan di sektor Automasi. Kehadiran PLC menjadi solusi yang inovatif dalam membantu kinerja para teknisi di lapangan, utamanya dalam mengurangi kesalahan-kesalahan fatal yang biasanya disebabkan oleh faktor human error. Integrasi data di sepanjang rantai nilai industri akan membantu mengembangkan kapasitas industri tersebut.

“Perangkat Programmable Logic Controller menjadi perangkat yang tidak terpisahkan dari sektor Automasi. Hal ini dapat dilihat dari integrasi fungsi masing-masing perangkat yang membantu pengontrolan software, hingga pada tahapan sistem distribusi. Melalui acara PLC Competition ini diharapkan para peserta akan mendapatkan pengalaman baru dengan menggunakan PLC dari Siemens Indonesia,” ujar Pascal Dricot, Head of Factory Automation PT Siemens Indonesia dalam siaran persnya di Bandung(15/9).

Cikal bakal pelaksanaan kompetisi nasional ini dimulai dari kesadaran akan pentingnya PLC diaplikasikan di sektor industri. Sebagai institusi pendidikan tinggi, universitas memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi mahasiswanya dalam mendapatkan pengetahuan yang cukup. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pengaplikasiannya di sektor industri automasi serta memasyarakatkan pengetahuan mengenai PLC di ranah umum secara luas.

Ir. Endra Joelianto, PhD, Ketua PanitiaPLC 2016 pun menambahkan, ajang tahunan ini menjadi tolak ukur sejauh mana pengetahuan yang didapat mahasiswa di dunia perkuliahan selama ini. Ia berharap para mahasiswa akan mendapatkan pengalaman lebih dari kompetisi ini sehingga nantinya bisa digunakan ketika memasuki dunia kerja.

Pada gelaran kompetisi kali ini, Siemens Indonesia juga menghadirkan sejumlah perangkat Programmable Logic Controller (PLC) SIMATIC S7 yang  memiliki desain inovatif dan performa tinggi sehingga mampu meningkatkan proses industri dengan sistem pengontrolan yang jauh lebih efisien. Selain itu sistem kerja pada SIMATIC S7 ini pun menggunakan teknologi canggih, seperti Pulse Width Modulation (PWM).

Saat ini, PLC SIMATIC S7 Siemens telah diinstalasi pada pusat penambangan terbesar di dunia milik PT Kaltim Prima Coal di Indonesia untuk meningkatkan operasionalisasi pabrik, sehingga memungkinkan ketersediaan hasil produksi yang lebih lama dan meningkatkan efisiensi untuk biaya operasional.

Sumber : www.listrikindonesia.com

Berita Terkait

English