Orasi Ilmiah Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITB, Profesor Yul Yunazwin Nazaruddin

Bandung, Jum’at, 30 September 2016, bertempat di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB, Jln. Surapati No. 1 – 3, mulai pukul 14:00 – 16:00 WIB, Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan acara Orasi Ilmiah Guru Besar ITB.

Pada kesempatan ini, Profesor Yul Yunazwin Nazaruddin dari Program Studi Teknik Kimia FTI ITB, diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi Ilmiahnya dengan judul: “Peran dan Potensi Instrumentasi dan Kontrol Maju di Indonesia”.

Orasi ilmiah ini disampaikan sebagai tanggung jawab Profesor Yul Yunazwin Nazaruddin kepada bangsa dan negara Indonesia karena mendapat kepercayaan diangkat dalam jabatan guru besar dibidang Instrumentasi dan Kontrol.

Instrumentasi dan kontrol adalah bidang keilmuan yang mempelajari sistem-sistem pengukuran berbagai besaran fisis, perancangan instrumen dan sistem instrumentasi serta teknik-teknik pengontrolan berbagai sistem atau proses, yang kemudian diterapkan dalam merancang dan memperbaiki kualitas sistem atau proses (baik instrumen maupun kontrol) dalam usaha untuk meningkatkan kualitas produk, performansi, keselamatan, efisiensi, pelestarian lingkungan serta potensi penghematan penggunaan energi. Sistem instrumen pada dasarnya bisa berfungsi sebagai alat ukur, alat deteksi atau alat pantau maupun sebagai bagian dari sistem pengontrolan sedangkan sistem instrumentasi adalah merupakan gabungan atau integrasi dari berbagai sistem instrumen yang menangani berbagai fungsi dalam suatu bidang aplikasi baik hanya yang digunakan untuk pemantauan suatu besaran sampai dengan untuk tujuan pengontrolan.

Penguasaan keilmuan instrumentasi seringkali menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan dengan kontrol karena perancangan sistem kontrol yang baik menghendaki penggunaan sistem instrumentasi yang juga handal. Pada Kelompok Keahlian/Keilmuan (KK) Instrumentasi dan Kontrol ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rekayasa instrumentasi dan kontrol didefinisikan dalam perspektif yang lebih luas lagi mencakup di dalamnya teknik representasi keluaran hasil pengukuran sistem instrumen dalam bentuk data numerik, data grafik dan citra (image) dimana kemudian dilakukan pemrosesan lanjut dengan teknik-teknik identifikasi, pemodelan dan simulasi, pengontrolan dan optimisasi seperti yang diilustrasikan pada Gambar 1. Implementasi selanjutnya dari hasil pengolahan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan kebutuhan bisnis, penentuan kebijakan, kepentingan manajemen suatu proses produksi, dan sebagainya.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai unsur pimpinan ITB, pimpinan dan seluruh anggota Forum Guru Besar ITB, Dekan dan staf pengajar FTI, mahasiswa, para undangan lainnya dan keluarga.

Acara ditutup dengan kegiatan penyampaian ucapan selamat dan ramah tamah.

Materi Orasi Ilmiah Profesor Yul Yunaswin Nazaruddin bisa dilihat di sini

Berita Terkait

English