Pertemuan Dekan FTI dengan Orang Tua Mahasiswa Baru Angkatan 2016

Bandung, 9 Agustus 2016, Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. bertemu muka dengan Orang Tua Mahasiswa Program Sarjana FTI ITB Angkatan 2016 dalam acara rangkaian penerimaan mahasiswa baru FTI ITB tahun 2016. Kegiatan pertemuan dengan orang tua mahasiswa dilaksanakan di Aula Timur ITB, dari pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Dekan FTI didampingi beberapa Ketua Program Studi Sarjana di lingkungan FTI, serta beberapa dosen wali. Pada kesempatan yang sama, namun di tempat yang berbeda, Wakil Dekan Bidang Akademik FTI, Dr. Tjokorde Walmiki Samadhi juga mengadakan acara yang sama, namun pertemuan tersebut diselenggarakan untuk orang tua mahasiswa Teknik Kimia kelas Internasional, dengan mengambil tempat di Gedung Labtek X, Teknik Kimia ITB.

Dalam pemaparannya Prof. Deddy Kurniadi mengulas secara singkat sejarah FTI ITB, dan mengenalkan Dekanat FTI, serta menginformasikan jumlah staf pengajar serta kualifikasinya. Selain mengenalkan program studi sarjana di Kampus Ganesa, juga dikenalkan 2 (dua) program studi baru di FTI yang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mulai tahun ini dilakukan di Kampus ITB Jatinangor. Adapun Program Studi Baru tersebut adalah Program Studi Sarjana Teknik Bioenergi dan Kemurgi serta Program Studi Sarjana Teknik Pangan. Disampaikan juga bahwa mulai tahun 2016 FTI ITB membuka Kampus (kelas) Cirebon khusus untuk Program Studi Sarjana Teknik Industri. Untuk sementara ini, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di Kampus ITB Jatinangor.

Lancarnya kegiatan ini tidak lupa dari peran moderator Iwan Prasetiyo, Ph.D., yang saat ini juga menjabat sebagai Koordinator Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di FTI.

Terkait dengan permasalahan akreditasi, Prof. Deddy Kurniadi menjelaskan bahwa, untuk semua Program Studi Tingkat Sarjana di FTI sudah terakreditasi BAN (Badan Akreditasi Nasional) dengan peringkat A, Program Studi Tingkat Sarjana di FTI juga sudah terakreditasi Internasional, yaitu ABET (Accreditation Board of Engineering and Technology). Mulai tahun 2016 – 2017 Program Studi Tingkat Sarjana di FTI sedang melakukan proses re-akreditasi. Diinformasikan juga bahwa, tahun 2016 ini akan diajukan Akreditasi ABET untuk Program Studi Sarjana Manajemen Rekayasa Industri dan Program Magister Teknik Manajemen Industri.

Saat ini, jumlah mahasiswa FTI Angkatan 2016 terdiri dari FTI Ganesha 391 mahasiswa, FTI Jatinangor 80 mahasiswa dan FTI Cirebon 43 mahasiswa.

Pada kesempatan itu juga disampaikan Informasi yang berhubungan dengan proses penjurusan, pada dasarnya proses penjurusan dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan TPB (2 semester). Penjurusan dilakukan berdasarkan MINAT, tapi jika peminat suatu prodi melebihi kapasitas, maka akan dipertimbangkan berdasarkan INDEKS PRESTASI (IP).

Pada akhir paparannya, Prof. Deddy Kurniadi juga memberikan beberapa tips sukses belajar diharapkan peran Bapak dan Ibu untuk mengingatkan putra/putrinya untuk:

  • Rajin/tekun mengikuti kuliah dan kegiatan belajar lainnya
  • Belajar mandiri harus dimulai sejak awal semester
  • Lakukan belajar, diskusi dan kerja kelompok
  • Jika ada kesulitan dalam belajar, bicarakan dengan teman, asisten kelas, dan dosen di kelas atau dosen wali
  • Jika ada masalah (akademik dan non-akademik), segera konsultasikan dengan dosen wali
  • Tetap lakukan kegiatan ko-kurikuler atau ekstra-kurikuler yang berimbang.

Pada akhir acara ini, moderator memberi kesempatan kepada orang tua mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan terkait kegiatan belajar mengajar dan kehidupan di lingkungan kampus ITB.

Berita Terkait

English