Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB dengan PT Pusat Riset Energi (PRE)

Kamis, 18 Oktober 2018, Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB menjalin kerjsasama dengan PT Pusat Riset Energi (PRE) yang berkedudukan di Jalan Batununggal Mulia I No. 2a, Bandung.

Perjanjian Kerjasama antara FTI ITB dengan PT Pusat Riset Energi ditandai dengan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) yang dilaksanakan di Ruang Rapat FTI, Gedung Benny Subianto (Labtek V), Jalan Ganesa 10 Bandung.

MoA ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pusat Riset Energi, dalam hal ini diwakili oleh Ir. Herman Y. Sutarto, Ph.D., dan Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng.

 

Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Prof. Dr.-Ing.Ir. Yul Yunazwin, M.Sc. DIC., Ketua Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol. Iwan Prasetiyo, ST., MT., Ph.D., Koordinator Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat FTI, Endra Joelianto, Ph.D., Dr.Ir. Edi Leksaono, M.Eng., Staf Dosen dari Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol, Brian Yuliarto, ST., M.Eng., Ph.D., Ketua Program Studi Sarjana Teknik Fisika. Sementara itu, dari pihak PT Pusat Riset Energi antara lain Ir. Priyadi Joko P., Komisaris Utama PT Pusat Riset Energi, Dr. Milton S. Pakpahan, Komisaris PT Pusat Riset Energi, dan tamu undangan lainnya.

Memorandum of Agreement (MoA) ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani pada tanggal 4 September 2017 oleh Prof.Dr.Ir. Bambang Riyanto Trilaksono sebagai Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan – ITB dan oleh Ir. Herman Y. Sutarto, Ph.D. sebagai Direktur Utama PT Pusat Riset Energi.

Masing-masing pihak bersepakat untuk menuangkan kerjasama penelitian di dalam bidang Intelligent Infratructure, dimana dalam kerjasama ini akan difokuskan pada bidang instrumentasi dan kontrol  yang meliputi terapan dalam bidang Intelligent Infrastructure for Transportation System (ITS) dan Autonomous Drilling System (ADS). Pentahapan di dalam kerjasama di bidang ITS meliputi: (1) Disain dan Evaluasi kinerja Area Traffic Control System pada suatu area trafik di suatu kota di Indonesia; (2) Pembuatan Macroscopic Fundamental Diagram (MFD) sebagai ukuran kinerja kelancaran berlalu-lintas. Sedangkan pentahapan dalam bidang ADS akan meliputi: (1). Pengembangan sistem instrumentasi untuk automated drilling system; (2). Pengembangan instrumentasi server guna peningkatan drilling workflow dan data exchange guna aplikasi nya pada big data technology.

Setelah selesai prosesi penandatanganan MoA, acara untuk dilanjutkan dengan penyerahan Cinderamata dan dilanjutkan dengan coffee breaks selama kurang lebih 15 menit.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan sesi Mini-Workshop yang disisi dengan pemaparan meateri oleh Ir. Priyadi Joko P. (Komisaris Utama PT Pusat Riset Energi) dengan topik Investment Engineering dan Dr. Milton S. Pakpahan (Komisaris PT Pusat Riset Energi) dengan topik Regulasi Energi di Indonesia : Hambatan dan Peluang.

Araca ramah tamah dan makan siang di ujung acara sebagai tanda berakhirnya acara Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB dengan PT Pusat Riset Energi (PRE).

Berita Terkait

English