National Student Competition and Workshop 2018 “Industry 4.0”

Trend industri saat ini dalam pengolahan data dan otomatisasi bidang manufaktur memasuki era Indutri 4.0., sehingga perkembangan teknologi di masa sekarang ini perlu di antisipasi oleh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia karena mahasiswa/i perguruan tinggi adalah calon sumber daya bangsa Indonesia di masa depan.

Menanggapi hal tersebut, Komunitas Instrumentasi dan Kontrol (KINK) program studi Teknik Fisika FTI-ITB mengadakan “National Student Competition and Workshop 2018 – INDUSTRY 4.0” sebagai bentuk upaya meningkatkan serta menyiapkan mahasiswa/i menjadi sumber daya bangsa Indonesia yang siap menghadapi era Industri 4.0.

Dalam acara yang diadakan pada tanggal 15-16 November 2018 bertempat di Aula Timur ITB ini, KINK mendapatkan dukungan dari PT. Siemens Indonesia. Dibuka dengan sambutan serta laporan kegiatan oleh ketua Panitia Lomba Ir. Endra Joelianto, Ph.D. dilanjutkan dengan pembukaan oleh Dekan FTI-ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. Beliau mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih serta selamat berkompetisi kepada seluruh peserta lomba dari berbagai daerah di Indonesia.

Workshop dibuka secara resmi oleh Dekan FTI-ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. dan Mr. Pascal Dricot selaku Kepala Divisi Digital Factory dan Process Industries & Drives PT Siemens Indonesia dengan memukul gong diatas panggung workshop.

 

 

 

 

Pembicara workshop diisi beberapa expert dari ITB dan PT. Siemens Indonesia antara lain Prof.Dr.Ing.Ir. Yul Yunazwin M.Sc.,DIC. (Chairman Instrumentation and Control Research Group), Ir. Endra Joelianto, Ph.D. (Lecturer and Researcher Instrumentation and Control Research), Fransiskus Pythagoras Nugroho (Director Channel Sales PLM Siemens Indonesia), Efraim Mayer (Team Leader and Specialist Factory Automation System Siemens Indonesia), serta Muthya Octariany Nauli (Specialist Business Development Industry – Digital Grid Siemens Indonesia).

 

 

 

 

 

 

Diharapkan melalui lomba ini, tingkat kesadaran masyarakat, terutama mahasiswa, akan industri 4.0 akan meningkat sehingga area ini menjadi salah satu fokus utama dari perguruan-perguruan tinggi di Indonesia.

Berita Terkait

English