EXPROBE 2018

Bandung, 21 November 2018, Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB menyelenggarakan kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin (PRI) 2018 yang dikemas dengan nama “EXPROBE” (Exhibition of Interdisiplinary Projects for Food Engineering and Bioenergy & Chemurgy Enggineering 2018).

Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan perkuliahan yang disampaikan oleh
Dr.rer.nat.Ir. Lienda Aliwarga. Disampaikan pula bahwa tujuan perkuliahan ini adalah agar mahasiswa yang berasal dari berbagai multi disiplin mampu belajar berkomunikasi dan bekerjasama dalam sebuah tim untuk menyelesaikan permasalahan nyata kerekayasaan dengan menerapkan konsep Berpikir Sistem.

Hal tersebut diharapkan selaras dengan Student Outcomes dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) yaitu:

  1. Outcome D: mampu bekerja dalam tim interdisipliner
  2. Outcome G: mampu berkomunikasi secara efektif
  3. Outcome E:mampu mengidentifikasikan, memformulasikan dan memecahkan problem kerekayasaan

Tahun 2018 untuk pertama kalinya Proyek Rekayasa Interdisiplin dilaksanakan di kampus ITB Jatinangor dengan mengangkat tema-tema permasalahan di sekitar kampus (Jatinangor) yang diidentifikasi secara mandiri oleh mahasiswa peserta kuliah dengan arahan dari dosen pengampu.

Pada akhir kuliah, para peserta ditugaskan untuk merancang usulan solusi praktis yang disajikan dalam bentuk prototype, yang  kemudian akan dipamerkan kepada publik dalam suatu event yang disebut Pameran Hasil Proyek Rekayasa Interdisiplin: Galery Walk. Solusi-solusi yang ditawarkan mahasiswa melalui kuliah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ITB kampus Jatinangor dan juga bagi mahasisa. Perancangan solusi melalui proses Design Thingking diharapkan dapat meningkatkan kepekaan mahasiswa (empati) terhadap masalah lingkungan di FTI-ITB. Salah satu tahap penting setelah perancangan solusi tersebuat adalah tahap pemberian umpan balikdari user yang dilakukan dalam bentuk pameran/Galeriry Walk. Pada pameran ini, mahasiswa diminta mengundang nara sumber, Pihak FTI-ITB dan stakeholder dari ITB kampus Jatinangor untuk dapat memberikan saran dan masukan dari solusi yang ditawarkan mahasiswa.

Setelah penyampaian laporan, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Dekan FTI yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya FTI – ITB , Bapak Suprayogi, Ph.D.

Kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin tahun 2018 Kampus Jatinangor dilaksanakan di Ruang Rapat Program Studi Teknik Pangan dan Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi, dengan jumlah peserta mencapai 76 mahasiswa.

Pada kegiatan ini mahasiswa yang tergabung dalam kelompok akan melakukan presentasi dan pameran poster dan dilakukan penilaian oleh tim juri. Tim juri terdiri dari Dosen Program Studi Teknik Kimia FTI, dari perusahaan dan perwakilan dari unit / pengelola kampus Jatinangor yang menjadi nara sumber dari kegiatan ini.

 

Hasil penilian dari masing-masing juri akan diakumulasikan dan diumumkan pada akhir acara kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin tahun 2018.

Acara ditutup setelah selesai penetuan juara dan pembagian hadiah, serta foto bersama masing-masing pemenang.

Berita Terkait

English