Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin 2018

Bandung, 28 November 2018, Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB menyelenggarakan kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin 2018.

Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan perkuliahan yang disampaikan oleh Titah Yudhistira, S.T., M.T. Disampaikan pula bahwa tujuan perkuliahan ini adalah mahasiswa dari berbagai multidisiplin belajar berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim menyelesaikan permasalahan nyata kerekayasaan dengan menerapkan konsep Berpikir Sistem.

Adapun Outcomes yang diharapkan adalah sesuai dengan Student Outcomes dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) yaitu:

  1. Outcome D: mampu bekerja dalam tim multidisiplin
  2. Outcome G: mampu berkomunikasi secara efektif
  3. Outcome E:mampu mengidentifikasikan, memformulasikan dan memecahkan problem kerekayasaan

Untuk tahun ini, Proyek Rekayasa Interdisiplin, bekerja sama dengan DOW dalam mengangkat permasalahan yang ada. Ada 4 (empat) kasus yang ada untuk 7 kelas. Ke-empat kasus tersebut antara lain : Cilegon Plant Improvement, Manufacturing 4.0, Plastics Waste Management, dan Construction Waste Management.

DOW sebagai obyek kegiatan Proyek Rekayasa Interdisiplin, diharapkan dapat menjadi penyedia data yang diperlukan dan narasumber tempat mahasiswa berkonsultasi sehingga keluaran proyek mahasiswa dalam perkuliahan PRID ini memiliki kualitas yang baik dan dapat menjadi bahan untuk diimplementasikan lebih lanjut oleh DOW. Sebagai narasumber, perwakilan dari stakeholder diharapkan dapat terlibat dalam diskusi di kelas untuk membantu mengarahkan mahasiswa dalam menghasilkan solusi dari dari pemasalahan yang akan mereka cari solusinya. Sekaligus juga sebagai juri dalam Presentasi final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin 2018.

Setelah penyampaian laporan oleh ketua panitia, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari DOW sebagai pemilik atau sumber utama permasalahan yang diangkat dalam kegiatan ini. Sambutan disampaikan oleh Vichan Tangkengsirisin, President Director DOW Indonesia & Sales Director Polyurethane SEA/ANZ Vichan. Acara dilanjutkan dengan penyampaian cindera mata dan terima kasih yang disampaikan oleh Dekan FTI ITB, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. kepada Vichan Tangkengsirisin. Acara sambutan selanjutnya yaitu Dekan FTI, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng.

 Kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin tahun 2018 dilaksanakan di Ruang Seminar A dan B, Program Studi Teknik Industri FTI ITB, Gedung Matthias Aroef (Gedung Labtek II) Lantai 1. Jumlah peserta mencapai 370 mahasiswa yang mengambil matakuliah Proyek Interdisiplin untuk Teknik Kimia (TK4091), Proyek Multi Disiplin Tenik Fisika (TF4101), Proyek Rekayasa Inter-Disiplin (TI4001), Proyek Rekayasa Inter-Disiplin Manajemen Rekayasa (MR4001).

Pada kegiatan ini mahasiswa yang tergabung dalam kelompok akan melakukan presentasi dan pameran poster dan dilakukan penilaian oleh tim juri. Tim juri terdiri dari Dosen FTI dan perwakilan dari DOW yang menjadi nara sumber dari kegiatan ini.

Hasil penilian dari masing-masing juri diakumulasikan dan diumumkan pada akhir acara kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin Tahun 2018.

Beberapa katagori juara dalam kegiatan ini, antara lain Juara Best Teamwork, Juara Lomba Kelas, Juara Lomba Poster, Juara Presentasi dan Juara Poster.

Acara ditutup setelah selesai pengumuman juara-juara dan pembagian hadiah, serta foto bersama masing-masing pemenang pada kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin tahun 2018.

        

Link Video Kegiatan Presentasi Final dan Pameran Poster Proyek Rekayasa Interdisiplin Tahun 2018 bisa di lihat di sini.

Berita Terkait

English