Orasi Ilmiah Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITB Profesor Herri Sutanto, IPM

Bandung, Sabtu, 24 November 2018, bertempat di Aula Barat ITB, Jln. Ganesa No. 10, mulai pukul 09:00 – 11:00 WIB, Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan acara Orasi Ilmiah Guru Besar ITB.

Pada kesempatan ini, Profesor Herri Susanto dari Program Studi Teknik Kimia FTI ITB, diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi Ilmiahnya dengan judul: “Pengembangan Teknologi Gasifikasi untuk Mendukung Kemandirian Energi dan Industri Kimia”.

Orasi ilmiah ini merupakan pertanggungjawaban akademik dan komitmen atas jabatan sebagai Guru Besar dalam bidang Gasifikasi. (buku materi Orasi Ilmiah bisa dilihat di sini).

Buku ini disusun dari pengalaman kami dalam penelitian di laboratorium Teknik Kimia ITB, sejak 1978 dalam Proyek JTA-9a. Penelitian di laboratorium sampai saat ini telah menghasilkan delapan Doktor, serta beberapa Magister dan banyak Sarjana Teknik dalam bidang gasifikasi biomassa. Kami sampaikan pula pengalaman penerapan teknologi gasifikasi biomassa untuk listrik di beberapa daerah di Indonesia. Pada separuh bagian akhir buku ini, kami menyampaikan beberapa usulan program pemanfaatan biomassa dan batubara, bukan hanya sebagai sumber energi terbarukan, tetapi juga sebagai sumber bahan baku industri kimia.

Atas dasar pertimbangan bahwa penelitian dan pengembangan teknologi gasifikasi biomassa telah dirintis sejak lama, informasi di dalam buku ini disalin sesuai dengan yang tertulis dalam karya tulis ilmiah, laporan teknis implementasi dan kajian-kajian pemanfaatan teknologi gasifikasi pada waktu yang bersangkutan. Mohon dimaklumi jika beberapa data dan informasi yang kurang akurat atau kurang relevan pada saat ini.

Semoga buku ini dapat mendorong para peneliti di ITB untuk terus mengembangkan teknologi gasifikasi, mengingat sumber daya alam biomassa dan batubara belum termanfaatkan dengan baik. Walaupun dengan uraian singkat, substansi buku ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh para pemangku kepentingan di Indonesia dalam upaya menuju kedaulatan energi dan bahan baku industri kimia.

Acara tersebut dihadiri oleh Mantan Rektor ITB, Prof.Ir. Wiranto Arismunandar, pimpinan dan anggota Forum Guru Besar ITB, staf pengajar FTI khususnya dari Program Studi Teknik Kimia, mahasiswa, para undangan lainnya dan keluarga.

 

 

 

 

 

 

Acara ditutup dengan kegiatan penyampaian ucapan selamat, foto bersama dan ramah tamah.

Berita Terkait

English