Partisipasi aktif FTI dalam kegiatan Pameran Poster dan Produk P3MI di Aula Barat ITB

Bandung, 18 Januari 2019, FTI turut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Poster dan Produk Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (P3MI) di Aula Barat ITB.
Kegiatan yang berlangsung hanya satu hari itu, dibuka mulai pukul 08:00 sampai dengan pukul 14:00 WIB. Acara Pameran Poster dan Produk Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (P3MI) di Aula Barat ITB dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ITB, Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono.

Pada kegiatan pameran tersebut  FTI menampilkan hasil karya penelitian P3MI, baik itu berupa produk, buku maupun makalah/paper yang dipublikasikan pada jurnal maupun prosiding ilmiah baik tingkat Internasional maupun Nasional yang dikemas dalam slide publikasi ilmiah.

Dari hasil karya berupa produk penelitian yang ditampilkan salah satunya adalah Battery Energy Storage System (BESS) banyak digunakan sebagai sumber penyedia/penyimpan energi baik untuk aplikasi bergerak seperti kendaraan listrik ataupun untuk aplikasi stasioner seperti peralatan telekomunikasi, data center, pembangkit listrik energi terbarukan, dan sistem kompleks seperti smart microgrid. Dalam operasinya, kinerja BESS dipengaruhi oleh siklus charging/discharging, profil beban, rangkaian baterai, dan keadaan lingkungan di sekitarnya. Berdasarkan kondisi ini, battery management system (BMS) yang dilengkapi sistem manajemen thermal menjadi bagian yang sangat penting untuk menjaga kondisi operasi dan kinerja sistem baterai agar berada pada daerah kerja yang aman untuk mendapatkan kinerja maksimum, meminimalisasi degradasi, dan memperpanjang umur penggunaan baterai, karya Dr.Ir. Edi Leksono dari Program Studi Teknik Fisika.

Juga dipamerkan juga buku-buku ilmiah antara lain Buku tentang Instrumentasi dan Kontrol “Seri II Pengantar Instrumentasi Pengukuran”, hasil karya Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng., dari Program Studi Teknik Fisika, Buku Panduan Sistem Analisis Keberhasilan Usaha UMKM, karya Dr.Ir. Budi Prohartono, DEA., dan Ir. Pamoedji Hardjomidjojo, M.M. dari Program Studi Teknik Industri. Buku Panduan Teknis Pemanfaatan Perancangan Perangkat Lunak Sederhana ini untuk Membantu Proses Analisis keberhasilan Usaha. Sistem ini dirancangan untuk memudahkan UMKM dalam memahami hingga seberapa jauh keberhasilan usaha yang telah berhasil dicapainya.

Ada juga Buku Panduan Perangkat Lunak Analisis Saham, karya Dr. Indryati Sunaryo, M.Sc., dan Ir. Pamoedji Hardjomidjojo, M.M. dari Program Studi Teknik Industri. Buku panduan ini merupakan panduan teknis penggunaan Perancangan Perangkat Lunak Sederhana untuk menganalisis pergerakan harga saham dengan menggunakan teknik-teknik Statitika Dasar.

Kemudian ada juga Buku Perancangan dan Manajemen Proses Bisnis Perusahaan “Perspektif Teknik Industri”. Karya Dr.Ir. Budi Prihartono, DEA. dari Program Studi Teknik Industri. Buku Pengembangan Kompetensi Kewirausahaan, karya Dr. Ir. Joko Siswanto, MPA., Serta buku karya Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia dengan Judul Pengantar Teknik Industri.

Berita Terkait

English