Seminar Hasil Riset Eye Tracker untuk Online Marketing

Kelompok Keahlian Manajemen Industri Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung (KKMI FTI ITB) pada hari Senin, 5 Agustus 2019, menyelenggarakan seminar bertajuk ‘Memanfaatkan Hasil Penelitian Eye Tracker untuk Meningkatkan Bisnis Online’ yang betujuan untuk mendiseminasikan hasil riset di bidang pemasaran daring (online marketing) dengan menggunakan alat bantu eye tracker. Eye tracker merupakan alat untuk mendeteksi gerakan pupil mata. Pada prinsipnya, objek yang menarik bagi manusia akan membuat seseorang metap objek tersebut lebih lama. Hasil penelitian dengan menggunakan alat ini dapat berguna dalam mendesain website yang menarik dan konten promosi di internet yang dapat meningkatkan intensi pembelian konsumen.

Dengan dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menyebarluaskan pengetahuan yang didapat dari riset terkini mengenai eye tracking, seminar ini dibuka untuk umum dan ditujukan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah di kota Bandung Raya. Seminar yang berlangsung dari pukul 09.00 – 15.00 WIB ini dihadiri oleh 26 pelaku usaha dari industri yang beragam, mulai dari fesyen, makanan, hingga jasa seperti paket wisata dan bimbingan belajar.

Konten yang diseminarkan merupakan luaran dari hasil riset Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi ITB tahun 2018 yang melibatkan beberapa mahasiswa S1 dan fokus risetnya perihal desain posting promosi di surel, Facebook, dan Instagram. Seminar yang dilangsungkan di Ruang Seminar Teknik Industri, Gedung Matthias Aroef Labtek III ITB ini tidak hanya membahas mengenai konsep pemasaran digital dan bagaimana mendesain web & konten promosi online yang efektif, tetapi juga melakukan demonstrasi bagaimana penggunaan alat eye tracker untuk penelitian. Peserta juga mendapat kesempatan untuk merasakan bagaimana proses pengambilan data dengan menggunakan alat tersebut dan dapat mencobanya langsung pada website atau Instagram mereka. Harapannya, seminar ini juga menjadi sarana untuk mempertemukan antara akademisi sebagai penggerak riset dan pelaku usaha yang bersedia menjadi rekanan untuk melakukan riset.

Kedepannya KKMI FTI ITB berencana untuk mengadakan seminar lainnya yang ditujukan untuk pelaku usaha kecil dan menengah seperti manajemen keuangan, pengelolaan organisasi dan teknik penentuan harga untuk pemasaran.

Berita Terkait

English