Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin 2019

Bandung, 21 Agustus 2019, Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB menyelenggarakan kegiatan Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin (PRI) 2019.  Acara diawali dengan pembacaan Safety Induction Gedung Center for Research and Community Service (CRCS) yang disampaikan oleh Ari Widyanti, Ph.D.

Sesi berikutnya adalah sambutan dari Dekan FTI, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng.

Dalam sambutannya, Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. berharap mahasiswa dapat memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini dan tetap bersemangat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Ini adalah kesempatan anda untuk dapat berinteraksi dengan kawan, membuka network anda, yang pada akhirnya akan terbawa terus hingga lulus dan sangat bermanfaat untuk bekal memasuki dunia kerja.

Untuk tahun ini, kegiatan observasi permasalahan Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin 2019 terkait topik projek adalah di PT Paragon Technology and Innovation.

Kegiatan ini juga dihadiri dosen pengajar atau pengampu kuliah Proyek Rekayasa Interdisiplin dan asisten akademik serta tim dari PT Paragon Technology and Innovation.

Acara selanjutnya adalah penyampaian Laporan Pelaksana Kegiatan Kuliah Perdana Proyek Rekayasa Interdisiplin yang disampaikan oleh Titah Yudhistira, Ph.D., selaku Ketua Pelaksana kegiatan PRI Tahun 2019.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi utama dari PT Paragon Technology and Innovation.

Main Topic “Support Sustainable Development Goals”, Formulated by The United Nations.

Case description : Raw Material, Supply Chain 4.0, and Digital Innovation Cosmetics

Case 1. Raw Material

Almost 80% of our raw materials is imported, e.g.

  1. Sericite Mica
  2. Talc
  3. Surface Treatment for Powder

Determine the best solution to reduce import number of raw materials given.

Case 2. Supply Chain 4.0

Propose the innovation in suppy chain to increase customer satisfaction

  1. The use of advanced robotics and automation system in manufacturing;
  2. Tracking management (e.g. RFID) in warehouse & Fleet managemen system.

Case 3. Digital Innovation Cosmetics

Propose the application of digital revolution in cosmetics technology innovation (e.g. digital experience using augmented reality inproduct).

Pelaksanaan Kegiatan Proyek Rekayasa Interdisiplin secara keseluruhan meliputi tahapan perkuliahan yang dimulai dengan Kuliah Perdana dan Penjelasan Perkuliahan tanggal 21 Agustus 2019. Jadwal kuliah reguler dilaksanakan setiap hari Rabu pagi mulai pukul 07:00 s.d. 09:00 WIB dengan total perkuliahan sebanyak 15 (lima belas) minggu perkuliahan.

Kegiatan Kuliah Proyek Rekayasa Interdisiplin akan berlangsung sampai dengan tanggal 27 November 2019. Pada akhir perkuliahan akan dilakukan Presentasi Akhir dan Pameran Poster (Final Lomba). Adapun komponen Penilaian Proyek Rekayasa Interdisiplin ini mencakup: Softskill dalam kerjasama (komunikasi antar individu, kehadiran dan keaktifan dalam berdiskusi, kemampuan mendengar dan menyampaikan pendapat, dll), Laporan Hasil Perancangan, Presentasi, Poster dan Kehadiran pada sesi perkuliahan.

Tujuan kuliah ini adalah mahasiswa yang terdidi dari berbagai multi disiplin belajar berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim menyelesaikan permasalahan nyata kerekayasaan dengan menerapkan konsep Berpikir Sistem.

Kegiatan Kuliah Perdana PRI Tahun 2019 yang dimulai dari pukul 07:00 sampai pukul 09:00 WIB, bertempat di Gedung CRCS ITB.

Jumlah peserta yang mengikuti Kegiatan Kuliah Perdana PRI Tahun 2019 mencapai 421 mahasiswa, terdiri dari 6 (enam) Program Studi di FTI: Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Pangan, Manajemen Rekayasa Industri, dan Teknik Bienergi & Kemurgi.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada tim dari PT Paragon Technology and Innovation yang disampaikan langsung oleh Prof. Deddy Kurniadi, Dr.Eng. didampingi Titah Yudhistira, Ph.D., Ketua Pelaksana kegiatan PRI Tahun 2019.

Berita Terkait

English