Prof. I Gede Wenten raih penghargaan SINTA Award 2019

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menggelar Science and Technology Index (SINTA) Award tahun ini. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap upaya yang dilakukan kalangan peneliti dan akademisi dalam mendorong peningkatan publikasi dan jurnal.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam sambutan di Acara Pemberian Penghargaan SINTA 2019 berharap, agar ajang ini dapat memotivasi para peneliti untuk lebih giat menghasilkan publikasi. Bahkan perlahan diharapkan dapat menghilangkan ketergantungan terhadap penggunaan sistem pengindeks publikasi dari luar negeri.

“Sistem ini masih jauh dari sempurna karena memang baru dimulai. Namun tidak akan berhenti untuk disempurnakan. Dengan SINTA diharapkan daya saing jurnal dan publikasi ilmiah dapat meningkat tajam di tahun-tahun ke depan,” kata Nasir di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis, 12 September 2019.

Publikasi ilmiah di Indonesia, kata Nasir, bergerak secara eksponensial dari beberapa tahun terakhir, hingga mencapai puncaknya pertengahan tahun 2019. Indonesia berhasil merajai ASEAN dalam hal publikasi ilmiah yang dipublikasi di 2018 dan sudah terbit di jurnal terindeks Scopus.

“Ini semua membuktikan bahwa Kemenristekdikti serius dalam memperbaiki iklim riset Indonesia,” terang Nasir.

Penghargaan Sinta Awards diberikan untuk pemenang yang dibagi ke dalam lima kategori:

1.Penghargaan Publikasi Ilmiah ilmu pengetahuan dan teknologi diberikan kepada penulis.
2. Penghargaan Publikasi Ilmiah ilmu pengetahuan dan teknologi diberikan kepada lembaga.
3.Penghargaan Jurnal Ilmiah diberikan kepada jurnal akreditasi nasional peringkat 1 dengan H-5 indeks dan dampak tertinggi yang terdata dalam SINTA, serta terindeks Scopus.
4. Penghargaan Kekayaan Intelektual Bidang Paten diberikan kepada inventor sebagai apresiasi atas permohonan paten terbanyak dan terproduktif yang terdata dalam SINTA.
5. Penghargaan Kekayaan Intelektual Bidang Paten, diberikan kepada lembaga sebagai apresiasi atas permohonan paten terbanyak dan terproduktif yang terdata dalam SINTA.

Berikut nama-nama penerima SINTA Award 2019:

1. Publikasi Ilmiah Kategori Penulis Peringkat I, diberikan kepada Riyanarto Sarno (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

2. Publikasi Ilmiah Kategori Penulis Peringkat II, diberikan kepada I Gede Wenten (Institut Teknologi Bandung)

3. Publikasi Ilmiah Kategori Penulis Peringkat III, diberikan kepada Hanung Adi Nugroho (Universitas Gadjah Mada)

4. Publikasi Ilmiah Kategori Lembaga Peringkat I, diberikan kepada Institut Teknologi Bandung (ITB)

5. Publikasi Ilmiah Kategori Lembaga Peringkat II, diberikan kepada Universitas Indonesia (UI)

6. Publikasi Ilmiah Kategori Lembaga Peringkat III, diberikan kepada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

7. Jurnal Ilmiah Terbaik Peringkat I, diberikan kepada Jurnal Cakrawala Pendidikan (Universitas Negeri Yogyakarta)

8. Jurnal Ilmiah Terbaik Peringkat II, diberikan kepada Acta Medica Indonesiana (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia)

9. Jurnal Ilmiah Terbaik Peringkat III, diberikan kepada Jurnal Pendidikan IPA Indonesia/ Indonesia Journal of Science Education (Universitas Negeri Semarang)

10. Kekayaan Intelektual Bidang Paten Inventor paling Produktif Peringkat I, diberikan kepada Purwadi (Universitas Brawijaya)

11. Kekayaan Intelektual Bidang Paten Inventor paling Produktif Peringkat II, diberikan kepada teti Estiasih (Universitas Brawijaya)

12. Kekayaan Intelektual Bidang Paten Inventor paling Produktif Peringkat III, diberikan kepada Tulus Ikhsan Nasution (Universitas Sumatera Utara)

13. Kekayaan Intelektual Bidang Paten Lembaga Terproduktif Peringkat I, diberikan kepada Institut Pertanian Bogor (IPB)

14. Kekayaan Intelektual Bidang Paten Lembaga Terproduktif Peringkat II, diberikan kepada Universitas Brawijaya (UB)

15.Kekayaan Intelektual Bidang Paten Lembaga Terproduktif Peringkat III, diberikan kepada Universitas Diponegoro (Undip)

“Pada penerima SINTA Award 2019, Saya ucapkan selamat semoga dapat semakin memacu prestasi dan meningkatkan daya saing bangsa,” ucap Nasir.

Sumber : www.medcom.id

Berita Terkait

English