World Class University

Sekilas tentang World Class University ITB

Salah satu misi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang berkualitas tinggi, maju, dan berkarakter sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Menjadi salah satu perguruan tinggi ternama dan diakui di Indonesia tidaklah cukup untuk mengemban misi tersebut. Oleh sebab itu, ITB harus terus meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pengembangan riset yang tidak hanya diakui di skala nasional namun juga di kancah internasional.

Salah satu alat untuk melihat kualitas ITB di mata dunia yaitu dari dari hasil rangking universitas di dunia, salah satunya yaitu Quacquarelli Symonds (QS). Saat ini, peringkat ITB di QS masih jauh dari peringkat sepuluh besar. Oleh sebab itu perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal tersebut berdasarkan indikator-indikator penilaian pada QS.

Dengan meningkatkan peringkat ITB di QS maka secara tidak langsung dapat menciptakan dan meningkatkan baik itu mutu pendidikan, penelitian, dan lain sebagainya yang pada akhirnya dapat menciptakan kesejahteraan bangsa Indonesia.
Salah satu upaya untuk peningkatan peringkat ITB di QS adalah dengan membangun wawasan berpikir peserta didiknya (dalam hal ini adalah mahasiswa) melalui program sandwich. Diharapkan dengan adanya program ini maka mahasiswa ITB akan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam penelitian. Tidak hanya itu, seluruh sivitas akademik di ITB akan termotivasi untuk terus membangun dan berkarya serta membangun jejaring dengan para peneliti dari berbagai belahan dunia yang pada akhirnya akan meningkatkan reputasi ITB di dunia. (sumber: wcu.itb.ac.id)

 

Link Dokumen:

English