Profil FTI ITB

Informasi Umum dan Sejarah FTI
Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung (FTI ITB) diresmikan pada tahun 1973. Namun sebagian kegiatan akademik di departemen yang berada di bawah naungan FTI ITB telah dilaksanakan sebelumnya. Hingga Desember 2005, departemen yang berada di bawah naungan FTI ITB adalah Departemen Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknik Penerbangan.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor ITB No. 222/SK/K01/OT/2005 tentang Pengelolaan Satuan Akademik di lingkungan Institut Teknologi Bandung, fungsi dan peranan administrasi yang semula berada di departemen dialihkan ke fakultas dan istilah departemen diubah menjadi program studi. Berdasarkan SK Rektor tersebut pula, per 1 Januari 2006? didirikan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) yang menaungi Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Informatika.

Selanjutnya, per 1 Januari 2008 berdasarkan SK Rektor No. 245/SK/K01/OT/2007 didirikan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) yang menaungi Program Studi Teknik Mesin, Teknik Material, dan Teknik Penerbangan.

Saat ini program studi yang berada dibawah tanggung jawab FTI ITB adalah 6 (enam) Program Studi Sarjana yaitu Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri, Program Studi Manajemen Rekayasa Industri, Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi  dan Program Studi Teknik Pangan  ; 5 (lima) Program Studi Magister yaitu Teknik Kimia, Teknik Fisika, Instrumentasi dan Kontrol, Teknik dan Manajemen Industri dan Program Studi Logistik Berorientasi Terapan; dan 3 (tiga) Program Studi Doktor yaitu Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik dan Manajemen Industri.